Penting Nya Pendidikan Nilai-nilai Anti Korupsi Di Kalangan Peserta Didik

Metrodeadline.com
Pringsewu – Kabid dikdas Kabupaten Pringsewu Haiyin.M.M Angkat bicara prihal pentingnya pendidikan nilai-nilai anti korupsi di kalangan peserta didik,” Selasa 20/12/2022.

Dimasa ini Indonesia, tengah dihadapkan pada posisi dilematis permasalahan moral yang tidak kunjung sirna. Lembaga pendidikan menjadi salah satu wahana strategis dalam rangka menyuarakan serta membekali generasi muda yang bebas dari praktek korupsi, Cara yang paling efektif adalah melalui media pendidikan.

Diperlukan sebuah sistem pendidikan antikorupsi yang berisi tentang sosialisasi bentuk-bentuk korupsi, cara pencegahan dan pelaporan serta pengawasan terhadap tindak pidana korupsi.

Pendidikan seperti ini harus ditanamkan secara terpadu mulai dari pendidikan usia dini,sekolah dasar,menengah sampai perguruan tinggi.

Pendidikan anti korupsi ini sangat penting bagi perkembangan psikologis siswa.

Pola pendidikan yang sistematik akan mampu membuat siswa mengenal lebih dini hal-hal yang berkenaan dengan korupsi temasuk sanksi yang akan diterima jika melakukan korupsi.

Dengan begitu, akan tercipta generasi yang sadar dan memahami bahaya korupsi,

Pendidikan antikorupsi merupakan tindakan untuk mengendalikan generasi mendatang untuk mengembangkan sikap menolak secara tegas terhadap setiap bentuk perbuatan korupsi.

Pendidikan antikorupsi melalui jalur pendidikan lebih efektif, karena pendidikan merupakan proses perubahan sikap mental yang terjadi pada diri siswa maupun siswi, dan melalui jalur ini lebih tersistem serta mudah terukur, yaitu perubahan perilaku antikorupsi.

pendidikan antikorupsi bisa diterapkan dengan tiga cara yaitu:
Model Terintegrasi dalam Mata Pelajaran, Model di Luar Pembelajaran melalui Kegiatan Ekstra Kurikuler, Model Pembudayaan atau Pembiasaan Nilai dalam seluruh aktivitas kehidupan siswa.

Perlu komitmen kuat dan langkah konkrit dalam menanamkan nilai kejujuran pada diri setiap generasi agar terbentuk pribadi mulia, jujur serta bertanggung jawab.

Sekolah memiliki tugas besar dalam merealisasikan hal itu.

Semua dapat berjalan sesuai harapan apabila ada peran nyata dari pihak sekolah/ guru, dukungan pemerintah serta partisipasi aktif kita semua,” Imbuhnya. ( red).

You might also like

error: Content is protected !!