Evaluasi Implementasi Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan Gelar Forum Pemangku Kepentingan Utama

Metro, Jamkesnews – Dalam menjalankan program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan tidak dapat berjalan sendiri tanpa dukungan dari stakeholder khususnya Pemerintah, baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. Pemerintah Daerah memegang peranan penting dalam Program JKN-KIS diantaranya meningkatkan kualitas pelayanan dan memperluas cakupan kepesertaan. Untuk itu BPJS Kesehatan Cabang Metro melaksanakan forum pemangku kepentingan utama dengan Pemerintah Kota Metro, dalam rangka membahas kendala implementasi program JKN-KIS, Rabu (16/03).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Metro, Asisten Bidang Pemerintahan, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Bappeda, serta Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Metro.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Metro, Wahyudi Putra Pujianto menyampaikan bahwa tujuan Forum Komunikasi Kepentingan Utama BPJS Kesehatan antara lain adalah tercapainya komunikasi yang baik dengan para pihak pemangku kepentingan, meliputi penyampaian saran dan gagasan, pemecahan masalah serta perumusan rencana kerja sama yang strategis.

“Karena BPJS Kesehatan merupakan badan hukum publik, maka kewenangan pengawasan berada di seluruh pemangku kepentingan sesuai dengan fungsinya masing-masing sehingga sangat penting untuk dilakukan pertemuan seperti ini untuk mengetahui apa saja yang dilakukan oleh setiap instansi atau dinas dalam mendukung secara maksimal Program JKN-KIS,” tutur Wahyudi

Lebih lanjut, Wahyudi menjelaskan bahwa kendala yang ada saat ini diantaranya adalah segmen peserta PPU BU belum melaporkan gaji yang valid, segmen peserta PPNPN masih ada yang terdaftar dan gaji dibawah UMK, Honorer dan P3K belum dianggarkan dalam APBD, serta tingkat kesadaran masyarakat mampu yang masih rendah untuk mendaftar dan atau membayar iuran tepat waktu.

Menanggapi kendala tersebut, Sekertaris Daerah Kota Metro Bangkit Haryo Utomo menyampaikan komitmen untuk terus mendukung Program JKN-KIS dalam rangka optimalisasi program JKN-KIS di Kota Metro. (be)

You might also like

error: Content is protected !!