CHIKA DAN VIKA, SOLUSI AKSES INFORMASI JKN-KIS DI TENGAH PANDEMI

 

metrodeadline.com – Pencegahan penularan Covid-19 dengan berdiam di rumah membuat aktivitas peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) terbatas.

Untuk itu, BPJS Kesehatan terus mengembangkan inovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada peserta Program JKN-KIS.

Salah satu inovasi yang telah ada saat ini adalah Chika (Chat Assistant JKN) berupa layanan chat bot yang bertujuan untuk mempermudah peserta JKN-KIS dalam memperoleh informasi.

Layanan ini dapat diakses dalam Whatsapp di nomor 08118750400 dan telegram pada link https://t.me/BPJSKes_bot. Selain chika, BPJS Kesehatan juga mengembangkan pelayanan informasi Vika (Voice Interactive JKN) melalui BPJS Care Center 1500 400.

Kepala Bidang KPP (Kepesertaan dan Pelayanan Peserta) BPJS Kesehatan Cabang Metro Anggraeni Putri Manikam mengungkapkan, dengan asisten yang bernama Chika dan Vika ini, masyarakat kini dapat lebih mudah untuk menjangkau dan mengakses pelayanan kepesertaan Program JKN-KIS.

Ia juga menjelaskan, hal ini menjadi bagian dari komitmen BPJS Kesehatan dalam peningkatan kualitas layanan, kemudahan serta keterbukaan akses informasi bagi peserta JKN-KIS.

“Dengan adanya inovasi ini, diharapkan peserta JKN-KIS sudah tidak perlu datang lagi ke kantor BPJS Kesehatan untuk mendapatkan pelayanan informasi, cukup melalui telepon pintar di rumah saja,” ungkap Anggraeni, Kamis(08/05).

Menanggapi inovasi yang sudah dilakukan oleh pihak BPJS Kesehatan, Handoko (32), salah satu peserta JKN-KIS yang baru saja menggunakan layanan aplikasi bot melalui Whatsapp. mengatakan bahwa dengan mengakses layanan Chika, dirinya bisa memudahkan peserta yang ingin mengakses pelayanan kepesertaan JKN-KIS, Penggunanaannya pun sangat simpel menurutnya.

“Dari informasi yang disampaikan oleh petugas BPJS Kesehatan bahwa ada fitur baru disediakan oleh BPJS Kesehatan untuk mendapatkan informasi, maka saya lalu mencobanya. Dengan kemudahan yang ditawarkan, menurut saya semua orang bisa menggunakannya karena cukup melalui Whatsapp”, tutur Handoko.

“Fitur ini sangat cocok untuk kaum milenial yang paham betul mengenai dunia media social, kami juga sangat menghimbau kepada peserta yang akan melakukan akses pelayanan JKN-KIS, untuk memanfaatkan layanan Chika dan Vika ini. Apalagi di tengah mewabahnya pandemi covid-19 seperti ini.” Tutup Anggraeni. (HA/be)

You might also like

error: Content is protected !!