Akhirnya, Biaya Medical Checkup CJH Lamtim Tahun 2020 Dikembalikan

Laporan : Ropian Kunang

Foto net ilustrasi

LAMPUNG TIMUR – Ternyata, uang untuk biaya medical checkup calon jemaah haji (CJH) Kabupaten Lampung Timur sebesar Rp. 750 ribu perjemaah yang dikeluhkan CJH benar-benar telah dikembalikan.

Uang itu dikembalikan dengan utuh oleh petugas pengelola CJH di 10 UPTD Puskesmas se-Kabupaten Lampung Timur sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) masing-masing.

Pengembalian biaya medical checkup tersebut berdasarkan hasil keputusan rapat dengar pendapat (RDP) anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Timur pada Rabu, 5 Februari 2020.

“Uang cek kesehatan calon jemaah haji sudah dikembalikan utuh, terimakasih banyak”, kata sumber pada Minggu, 16/2 pukul 20.17

Sebelumnya, sebelas hari yang lalu saat dipertanyakan keluarga CJH tersebut mengatakan uang biaya medical checkup itu belum dikembalikan.

“Belum (dikembalikan)”, kata sumber itu pada Sabtu, 8/2 pukul 13.17 juga melalui aplikasi WhatsApp.

Seperti yang telah diberitakan bahwa
sesuai dengan rencana, rapat dengar pendapat (RDP) Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Timur dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Timur dan jajarannya dilaksanakan pada Kamis, 6/2.

Namun, sehubungan Ketua Komisi IV DPRD Lamtim ada agenda yang tak dapat diwakilkan, maka RDP dimajukan pada Rabu, 5/2 pukul 14.00 WIB hingga usai.

“Maaf, karna besok (Kamis, 6/2) saya ada kegiatan lain yang tidak bisa saya wakilkan maka RDP saya majukan tanggal 5 Februari pukul 14.00 sampai dengan selesai”, kata Supriyono pada Rabu, 5/2 pukul 20.42 WIB melalui aplikasi WhatsApp.

Komisi IV DPRD Lamtim melakukan (RDP) dengan Dinkes Lamtim dan dihadiri oleh dr. Nanang Salman Saleh Kepala Dinkes Lamtim dan jajaran.

“Komisi IV DPRD Lamtim RDP dengan Dinkes dihadiri Kadis dr. Nanang Salman dan jajaran”, sambung Supri.

Hasilnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur melalui Dinkes Lamtim pada tahun 2020 menggratiskan seluruh biaya medical checkup CJH.

“Terkait medical check up CJH 2020 hasilnya Pemkab Lamtim dalam hal ini Dinkes Lamtim tahun ini menggratiskan seluruh biaya”, jelas Ketua Komisi IV itu.

Medical checkup, pemeriksaan kesehatan dan tes kebugaran calon jemaah haji (CJH) baik di Puskesmas maupun di RSUD Sukadana digratiskan.

“Medical chek-up, pemeriksaan kesehatan dan kebugaran CJH di Puskesmas maupun di RSUD Sukadana, semua biaya gratis”, urainya.

Komisi IV DPRD Lamtim meminta agar Puskesmas maupun RSUD Sukadana mengembalikan seluruh biaya yang terlanjur dipungut seluruh kepada CJH.

“Dengan hal ini, maka Komisi IV meminta agar Puskesmas maupun RSUD yang sudah terlanjur menarik biaya kepada CJH agar secepatnya dikembalikan kepada CJH”, tandasnya.

DPRD Lamtim telah menjembatani dan meminta Peraturan Bupati Kabupaten Lampung Timur segera dirubah dengan rencana penggratisan tarif medical checkup.

“DPRD sudah menjembatani aspirasi terkait hal tersebut, kita minta Perbupnya segera dirubah dengan rencana penggratisan dimaksud dan segera mengembalikan dana jamaah yang sudah terlanjur masuk”, ujarnya.

Apabila terdapat pihak-pihak yang merasa tidak puas, maka diperkenankan untuk mengadukan kepada pihak terkait sementara Komisi IV menunggu perubahan Perbupnya.

“Kalau ada pihak-pihak yang tidak puas silahkan mengadukan hal ini kepada pihak terkait dan komisi IV juga menunggu perubahan Perbupnya nanti seperti apa”, pungkasnya.

CJH Lamtim 2020 pada pertengahan Januari 2020 lalu keluhkan mahalnya biaya medical checkup di Puskesmas Sukadana baik pemeriksaan kesehatan maupun 2 kali tes kebugaran sebesar Rp.750 ribu.

CJH Lamtim pada tahun 2020 yang telah melakukan medical checkup dan terbagi pada 10 Puskesmas se-Kabupaten Lampung Timur lebih kurang 670 orang.

You might also like

error: Content is protected !!