Fitnah Wartawan Lamtim,  Pemilik Akun Facebook Akhirnya Dilaporkan

Laporan : Ropian Kunang


LAMPUNG TIMUR – Bermula dari pemberitaan Wartawan di salah satu media online Kabupaten Lampung Timur tentang sikap arogan oknum kepala sekolah yang kemudian di share ke Group Facebook Suara Informasi Lampung Timur pada Kamis, 09 Januari 2020 lalu.

Rencananya puluhan Wartawan baik dari media Cetak, Elektronik dan Online Lampung Timur akan menempuh jalur hukum sesuai ketentuan peraturan perundang-undang atau hukum berlaku.

Hal itu, buntut panjang dari komentar yang bersifat fitnah, ujaran kebencian dan pencemaran nama baik yang diduga telah dilontarkan oleh oknum pengguna atau pemilik akun Facebook (FB), “AR VA dan Ganyong Lanangane Jagad “dikolom status Facebook Group Suara Informasi Lampung timur.

Dalam cuitannya, oknum pemilik akun FB AR VA secara terang-terangan, lantang dan garang diduga memfitnah, melecehkan dan mencemarkan nama baik Wartawan, menyampaikan ujaran kebencian dengan mengatakan bahwa :

“Musuh Sekolah, Penyakit Pendidikan, Penggerogot Dana Sekolahan, Penjahat Sekolah, Intinya Wartawan/Jurnalist #sampahpendidikan”.

Selanjutnya hujatan terhadap profesi Wartawan itu kemudian disambung juga oleh warganet atas nama ‘Ganyong Lanangane Jagat’ (Ganyong Lelakinya Jagad) dengan komentar bahwa :

“Perampok Yangang Sebenarnya Ialah Wartawan”.

Menyikapi perihal tersebut, Fauzi Wartawan dari media Online Lampung Timur mengatakan, pihaknya bersama-sama dengan rekan- rekan Wartawan akan membentuk tim.

Sesuai rencananya, mereka akan segera melaporkan dua oknum pemilik akun Facebook tersebut ke Kepolisian Resort (Polres) Lampung Timur.

“Saat ini, kami membentuk tim sedang menyiapkan bukti-bukti untuk bahan laporan berupa screenshot dan rekaman atau video percakapan serta komentar pemilik akun Facebook AR VA dan Ganyong Lanangane Jagat,” jelasnya.

Selanjutnya, rombongan Tim Wartawan yang dipimpin oleh Fauzi kemudian pada Senin, 13/1 waktu setempat melaporkan perihal fitnah, perbuatan tidak menyenangkan dan mencemarkan nama baik tersebut ke Kepolisian Resort Lampung Timur.

Adapun laporan tersebut dibuktikan dengan surat tanda terima laporan Polisi (STTLP) Nomor STTLP / 27-B / 1 / 2020 / POLDA LAMPUNG / RES LAMTIM.

“Kami meminta masalah ini dapat segera ditindaklanjuti dan pelakunya diproses sesuai hukum yang belaku. arena yang dilakukannya sudah melukai wartawan se-Indonesia, khususnya yang bertugas di Kabupaten Lampung timur,”tandasnya.

“Kami berharap laporan kami segera ditindaklanjuti, kita percayakan kepada Kepolisian untuk mengungkap dan menangkap pemilik akun Facebook itu. Agar kedepan tidak muncul lagi oknum-oknum stakeholder yang memfitnah dan melecehkan profesi mulia Wartawan”, harapnya.

Dalam kehidupan sosial masyarakat keberadaan Insan Pers memang sangat dibutuhkan sebagai kontrol Sosial. Untuk melakukan kegiatannya, Wartawan dilindungi Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.- (Tim)

You might also like

error: Content is protected !!