HUT RI ke-74, Bupati Lamtim Pimpin Upacara dan Ziarah 

LAMPUNG TIMUR – Tanggal 17 Agustus selalu diperingati oleh bangsa Indonesia sebagai Hari Kemerdekaan, dimana pada hari ini tepat 74 tahun yang lalu Bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya dari para penjajah.

Mengawali rangkaian kegiatan HUT RI ke 74 tahun 2019 ini, bertindak selaku Inspektur Upacara yakni Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari yang memimpin Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Merdeka Kabupaten Lampung Timur, Sabtu (17/08/2019).

Pada upacara yang di Komandani oleh Kapten Arm Adi Hernizam (Danramil 429-04 Dim 0429/Lamtim) itu dilakukan pula Pemberian Penghargaan Satyalancana Karya Satya (SLKS) kepada 125 PNS yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur.

Untuk diketahui penghargaan tersebut diberikan kepada PNS yang telah mengabdi kepada pemerintah dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, UUD 1945, negara dan pemerintah serta dengan penuh pengabdian, kejujuran, kecakapan, dan disiplin secara terus menerus paling singkat 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun.

Masih dalam rangkaian peringatan hari kemerdekaan, Pemerintah Kabupaten Lamping Timur juga melakukan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Darma Nusantara Lampung Timur, sebagai bentuk penghormatan dan mengenang jasa para pahlawan yang telah membuat Bangsa Indonesia Merdeka.

Usai melakukan Ziarah, acara dilanjutkan dengan Ramah Tamah bersama Veteran Marakauri dan Pepabri Kabupaten Lampung Timur yang diselenggarakan di Rumah Dinas Bupati Lampung Timur. Dalam acara ramah tamah tersebut, dilakukan pula penyerahan Tali Asih kepada 70 Anggota Veteran Warakauri dan Pepabri.

Memaknai HUT RI tahun ini Zaiful menjelaskan bahwa ini merupakan salah satu momentum untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang telah berjuang demi Bangsa Indonesia. Ia pun mengajak seluruh masyarakat agar dapat bersatu padu membangun Lampung Timur.

“Bangsa kita, negara kita Republik Indonesia memperingati hari kemerdekaan yang ke 74. ini adalah salah satu momentum bagaimana kita sebagai generasi penerus untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang telah gugur sebagai kusuma bangsa. Oleh karena itu tentunya saya atas nama masyarakat dan Pemerintah Lampung Timur mengajak kepada kita semua masyarakat Lampung Timur untuk dapat bersatu padu membangun Lampung Timur ini kedepan karena ini adalah peninggal para pejuang-pejuang kita sehingga kita bisa merasakan kemerdekaan pada saat ini” ujar orang nomor satu di Kabupaten Lampung Timur tersebut.

Masih dalam rangkaian perayaan HUT RI ke 74 tahun 2019, Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari juga menyerahan Surat Keputusan Remisi dan Surat Bebas kepada perwakilan narapidana Rutan Kelas II B Sukadana. Adapun Jumlah narapidana yang mendapatkan remisi tahun ini sebanyak 183 warga binaan permasyarakatan (WBP) dengan jumlah narapidana bebas sebanyak 7 WBP. 

Sebagai penutup rangkaian kegiatan HUT RI ke 74 tahun 2019, dilakukan Upacara Penurunan Bendera yang mana Dandim 0429/Lamtim Cavitri Harto Prabowo bertindak sebagai inspektur upacara. (*)

Laporan :
– Ropian Kunang
– Humas

You might also like

error: Content is protected !!