DPR RI Muzzammil Yusuf Reses Paparkan Hubungan Pancasila dengan Ajaran Islam

METRODEADLINE.COM Anggota DPR RI Dapil I Lampung dari Fraksi PKS Al Muzammil Yusuf reses di Kota Metro. Dalam resesnya dia menyampaikan bahwa pancasila sudah sesuai dengan nilai-nilai Islam. Hal tersebut diungkapkan dihadapan peserta saat sosialisasi 4 pilar MPR RI, di gedung pertemuan TMII Kota Metro, Minggu (10/3/2019).

Menurut Muzammil sila pertama pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa menuntun kita untuk menjadi manusia yang bertakwa kepada Allah SWT sebagaimana dijabarkan dalam UUD 1945 pasal 29 ayat 1 dan 2.

Selanjutnya sila kedua yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab. Dalam Alquran disebutkan bahwasanya seorang muslim dituntut untuk memiliki sikap adil sebagaimana  terdapat  dalam surat Al Maidah ayat 8. Bahkan Rasulullah diutus untuk memperbaiki akhlak manusia sehingga dengan menjalankan nilai nilai keadilan dan akhlak mulia.

 “ Jadi  kita semua bisa menjadi manusia yang adil dan beradab,”ungkapnya. Lalu sila ke-3,  persatuan Indonesia. Jika sila kesatu dan kedua sudah dilaksanakan dengan baik oleh seorang muslim maka persatuan dengan mudah bisa dilaksanakan.

“Sedangkan sila ke-4 yaitu kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.  Yang menunjukkan bahwa rakyat itu harus dipimpin oleh seorang yang hikmat dan bijaksana,”jelasnya.

Ini bisa tercapai apabila sila ke 1, 2 dan 3 sudah dilaksanakan. Hingga pada akhirnya akan terwujud lah sila ke-5 yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sementara itu, Ketua DPD Partai PKS Kota Metro Ahamd Khuseini menyambut baik sosialisasi empar pilar MPR RI. Sebagai warga negara Indonesia harus taat kepada hukum dan senantiasa bisa menjalankan pancasila, baik sila ke-2 sampai sila ke-5. “Ketika kita bisa melaksanakan berarti kita bagian dari warga negara yang baik,”pungkasnya.

Sosialisasi empar pilar MPR RI 2019, dihadiri sekitar 200 peserta dari berbagai lapisan masyarakat di Kota Metro. Narasumber  Drs. H. Al Muzammil Yusuf, M.Si anggota MPR Fraksi PKS, dan juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Lampung, Ir. Johan Sulaiman dan beberapa anggota DPRD Kota Metro serta Ketua Partai PKS Metro Ahamd Khuseini.

“Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara UUD Negara RI Tahun 1945, sebagai konstitusi Negara serta ketetapan MPR Negara Kesatuajn Republik Indonesia sebagai bentuk Negara Bhinika Tunggal Ika sebagai semboyan Negara,”ujarnya.(*)

 

Sumber : DPD PKS Kota Metro

Penulis/Foto : Freddy Kurniawan Sandi

 

 

 

You might also like

error: Content is protected !!