Warga Metro Meriahkan Milenial Road Safety Festival

METRO DEADLINE.com —  Warga Kota Metro tumpah ruah dan sangat antusias mengikuti Jalan Sehat Dalam Rangka Milenial Road Safety Festival Polres Metro dengan tema “Mewujudkan Milenial Cinta Lalulintas Menuju Indonesia Gemilang” yang berlangsung mulai pukul 06.00 Wib di Samberpark Kota Metro.Minggu (17/02/ 2019.

Milenial Road Safety Festival Polres Metro di Hadiri Walikota Metro Hi.Achmad Pairin, Wakil Walikota Metro Hi.Djohan, Dandim 0411/LT Letkol Czi Burhanuddin, Ketua DPRD kota Metro Anna Morinda, Kepala Kejaksaan Negeri Metro, Sekda Kota Metro A.Nasir A.T, Kepala OPD Pemkot Metro, Pejabat Utama dan anggota Polres Metro, Camat, Lurah, Ormas Kepemudaan, Komunitas Motor, dan Warga masyarakat kota Metro.

Pelepasan Balon ke udara oleh Kapolres Metro AKBP.Ganda MH Saragih, Walikota Metro Achmad Pairin, Wakil Walikota, Ketua DPRD Metro Anna Morinda, Dandim 0411/LT Letkol Czi Burhanuddin, Kepala kejaksaan Negeri Metro, Ketua Pengadilan Negeri Metro,
menandai dimulai nya Rangkaian acara Milenial Road Safety Festival Polres Metro, Penandatanganan Deklarasi Pelopor keselamatan berlalulintas.

Walikota Metro Hi.Achmad Pairin melepas Peserta jalan sehat dengan mengibarkan bendera Start, Jalan sehat Milenial Road Safety Festival Polres Metro tersebut dengan mengambil start dari jalan Brigjend Katamso menuju jalan Mayjend Ryacudu, Jalan Kunang, ke arah Jalan Letjend Alamsyah Ratu Prawira Negara Selanjut nya Finish kembali ke Jalan Brigjend Katamso Kota Metro

Kapolres Metro Ajun komisaris Besar Polisi Ganda M.H Saragih,S.Ik saat berlangsung nya acara Milenial Road Safety Festival Polres Metro yang sekaligus membuka pelaksanakan acara tersebut menyampaikan, dengan terlaksana kegiatan ini merupakan langkah untuk memberikan edukasi dan sosialisasi kepada generasi Milenial tentang penting nya kesadaran dan cinta akan keselamatan berlalulintas di jalan Raya.

“Di era Milenial dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, lalulintas telah menjadi mobilitas urat nadi kehidupan manusia. Dalam amanat PBB tentang dekade aksi keselamatan jalan pada tahun 2011 hingga 2020 yang diretivikasi dalam instruksi presiden nomor 4 tahun 2013, Pemerintah melaksanakan rencana umum keselamatan nasional yang terdiri dari manajemen keselamatan jalan atau Road Safety Manajemen dan jalan yang berkeselamatan atau Safe Road, berkendaraan yang berkeselamatan,” ujar nya.

Selain itu Kapolres Metro mengatakan tingginya angka kecelakaan di Indonesia dewasa ini sudah sangat sampai titik yang memprihatinkan.  “Berdasarkan data Korp lalulintas Polri tahun 2018 secara nasional jumlah korban kecelakaan lalulintas sebanyak 171.436 orang, diantara 29.083 orang meninggal dunia, 13.256 orang luka berat, dan 126 ribu lainya luka ringan. Sementara untuk wilayah kota Metro jumlah lakalantas tahun 2018 sebanyak 221 orang, ini bukan jumlah yang sedikit dan 22 orang diantaranya dengan sia-sia meninggal dunia akibat kecelakaan lalulintas, 7 orang luka berat dan 192 orang luka ringan,” jelas Kapolres Metro AKBP.Ganda MH Saragih.

Dikatakannya, generasi Milenial merupakan salah satu generasi yang menjadi perhatian dalam berlalulintas, Hal ini disebabkan 57 persen korban lakalantas di Indonesia pada usia produktif yaitu dari usia 15 sampai dengan 38 tahun yang kita kenal sebagai generasi milenial, pada tren nya terus meningkat dari tahun ke tahun, berdasarkan langsiran data badan kesehatan dunia bahwa Republik Indonesia menempati posisi kelima terbesar yang mencatat korban meninggal dunia terbanyak yang di akibatkan oleh kecelakaan lalulintas.

“Jadi peran generasi milenial sangatlah penting untuk menjadi inspirator dan menjadi motivator bagi pengguna jalan lainnya tentang pentingnya keselamatan berlalulintas, baik sebagai pengguna jalan dan siklus berlalulintas dengan menggelorakan kesadaran nasional keselamatan dalam berlalulintas,” paparnya.

Selain itu AKBP.Ganda MH Saragih menyampaikan kepada Masyarakat kota Metro, “Dalam Hal ini Korlantas Polri bekerjasama dengan berbagai elemen menginisiasi digalakkan nya gerakan nasional yang diperuntukkan kepada generasi Milenial Indonesia yang bertajuk Milenial Road Safety Festival yaitu acara dengan agenda sosialisasi tertib berlalulintas, yang didesain menyesuaikan dengan kebutuhan kaum milenial sebagi upaya peningkatan dan pengokohan persatuan bangsa dikalangan generasi muda, dengan. Melibatkan institusi, komunitas dan organisasi yang tersebar di 34 Provinsi di Indonesia,.

“Saya berharap dengan kegiatan Milenial Road Safety Festival Polres Metro dapat menciptakan generasi Milenial yang peduli dan patuh berlalulintas, serta relawan-relawan lalulintas milenial di kota Metro sehingga berperan aktif menurunkan angka kecelakaan lalulintas, mari kita membangun budaya tertib berlalulintas bersama generasi milenial, Stop pelanggaran, Stop Kecelakaan, Keselamatan untuk Kemanusiaan,” ungkap Kapolres Metro AKBP.Ganda MH Saragih,S.Ik sekaligus membuka Acara Milenial Road Safety Festival Polres Metro.

Dalam kesempatan yang sama, Kasat Lantas Polres Metro AKP.Muhammad Kasyfi Mahardika,SH.,S.Ik mengatakan tujuan dari terselenggaranya kegiatan Milenial Road Safety Festival Polres Metro mengajak Masyarakat yaitu Generasi Milenial Khusus nya usia 15 sampai dengan 38 tahun sadar berlalulintas,

“Dikarenakan menurut PBB, angka kecelakaan terbesar penyumbang nya di usia Milenial, dengan adanya kegiatan ini akan diadakan deklarasi bagi kaum milenial sebagai pelopor keselamatan berlalulintas dan kedepan nya angka kecelakaan dapat di tekan,”ujarnya.

Kasatlantas Polres Metro AKP.M Kasyfi Mahardika menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Masyarakat kota Metro yang telah mengikuti sosialisasi dan edukasi tentang penting nya menjaga ketertiban dan keselamatan berlalulintas pada hari ini pada Milenial Road Safety Festival Polres Metro.

“Dengan tema Mewujudkan Milenial Cinta Lalulintas Menuju Indonesia Gemilang, acara yang berlangsung di Samberpark kota Metro, saya ucapkan terimakasih dan mengapresiasi antusias masyarakat mensukseskan kegiatan ini dengan jumlah 15 ribu peserta, kita ada RUNKL Rencana Umum Nasional keselamatan disitu kita mengangendakan di tahun 2023 Zero accident yaitu salah satu edukasi ke masyarakat cinta keselamatan berlalulintas dengan cara seperti ini,” Pungkas Kasat Lantas Polres Metro AKP.M Kasyfi Mahardika,SH.,S.Ik. (net)

You might also like

error: Content is protected !!