BPJS Kesehatan Metro Gelar Monev KBKP

Sebagai Badan Pelayanan Publik yang bergerak di bidang Jaminan Sosial Kesehatan, BPJS Kesehatan terus berusaha meningkatkan kualitas pelayanan kepada peserta JKN-KIS. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memastikan setiap fasilitas kesehatan yang bekerja sama dapat memberikan pelayanan terbaik kepada Peserta JKN-KIS.

Terkait hal tersebut, di awal tahun 2019 BPJS Kesehatan Cabang Metro mengadakan pertemuan monitoring dan evaluasi implementasi kapitasi berbasis komitmen pelayanan se wilayah kerja Kantor Cabang Metro, Pada Jumat (11/01/2019) di Ruang Pertemuan BPJS Kesehatan Cabang Metro.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan Dinas Kesehatan diantaranya adalah Dinas Kesehatan Metro, Lampung Timur, Lampung Tengah, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat dan Mesuji.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Metro, Wahyu Santoso menjelaskan bahwa Pertemuan monitoring evaluasi implementasi KBKP ini dalam rangka untuk memperkuat dan meningkatkan sistem KBKP di Wilayah Kantor Cabang Metro. Dengan pertemuan ini pula diharapkan dapat meningkatkan kerjasama antara BPJS Kesehatan dan Dinas Kesehatan, sehingga dapat terjalin hubungan dan komunikasi yang baik diantara keduanya.

Pada kesempatan yang sama, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro dr. Silfi Naharani menyampaikan ungkapan terimakasih atas diadakanya kegiatan monitoring dan evaluasi ini.

“Kegiatan seperti ini perlu rutin dilakukan guna terus memantau kinerja FKTP di lapangan dan FKTP juga harus mengikuti setiap aturan yang berlaku agar hasil kinerja bisa menjadi lebih sesuai dengan standar yang telah ditentukan,” ucap Silfi.

Ia menambahkan jika terjadi kekurangan dalam hal pelayanan dan kinerja FKTP di lapangan akan terus didorong untuk melakukan perbaikan sehingga pelayanan bagi peserta JKN-KIS akan terus berjalan secara maksimal.

Septyarini Virgianti selaku Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Metro menambahkan bahwa penilaian KBKP didasarkan atas beberapa indikator, yaitu Angka Kontak, Rasio Rujukan Rawat Jalan Non Spesialistik, Rasio Peserta Prolanis Rutin Berkunjung ke FKTP, dan Rasio Kunjungan Rumah. Target pemenuhan komitmen pelayanan adalah batasan optimal indikator komitmen pelayanan yang harus dipenuhi oleh FKTP sehingga akan menuju Zona Aman. (adv)

You might also like

error: Content is protected !!