Tak Ada Rumput, Batang Pisang Pun Jadi

MLAMPUNG TIMUR – Peternak sapi Desa Sribasuki Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur melakukan inovasi pembuatan pakan ternak mereka. Bahan yang digunakan adalah batang pisang yang masih segar yang diolah dengan bahan organik untuk memenuhi kebutuhan pakan sapi mereka, Jum’at (6/7/2018).

Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pakan rumput yang saat ini sulit didapat serta menanggulangi banyaknya pengeluaran untuk kebutuhan pakan ternak. Diungkapkan Sarwo Edi mengatakan bahwa dengan inovasi pembuatan pakan dari batang pisang atau gedebok ini bisa menjadi alternatif bagi para peternak untuk menghemat pengeluaran.

“Pembuatan pakan dengan menggunakan batang pisang ini cukup sederhana dan relatif mudah dilakukan. Peternak hanya perlu mencari batang pisang yang masih segar kemudian dicincang kemudian dicampur dengan suplemen organik untuk pakan ternak,”ungkapnya.

Selain itu, hasil dari pakan buatan inipun juga sangat baik untuk perkembangan hewan ternak dan bobot ternak menjadi maksimal.

“Dengan adanya inovasi pembuatan pakan ternak ini dapat membantu masyarakat terutama peternak mensiasati kekurangan pakan akibat kekeringan atau menekan biaya pengeluaran,”pungkasnya. (*)

 

You might also like

error: Content is protected !!