Vio Amanda Putri Wisuda Terbaik Sarjana Pertanian STIPER Dharma Wacana Metro Tahun 2024

 

Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER) Dharma Wacana Metro mengelar wisuda sarjana S-1 (Strata Satu) Tahun 2024. Kegiatan berlangsung di Ballroom Hotel IdeA Kota Metro Lampung, Rabu 15 Mei 2024.

Ketua STIPER Dharma Wacana Metro, Prof. Dr. Ir. Soni Isnaini, M.P. mengatakan bahwa, ini merupakan hari yang sangat berkesan dan bersejarah bagi semua yang hadir di gedung ini terutama bagi para wisudawan- wisudawati.

“Momentum ini Sebagai saksi prosesi puncak perjuangan mengikuti pendidikan di STIPER Dharma Wacana Metro,”tuturnya.

Selain itu, para wisudawan-wisudawati akan memasuki tahapan baru dalam kehidupan sebagai sarjana dan alumni STIPER Dharma Wacana Metro.

 

“Kami mengucapkan selamat pada saudara dan saudari serta keluarga dan turut bangga dengan prestasi Saudara/i. Semoga Saudara dapat mengamalkan ilmu dalam profesi Saudara masing-masing secara lebih bertanggung jawab dan berkualitas,”paparnya.

Prof. Soni berpesan status sebagai alumni STIPER Dharma Wacana akan melekat selamanya. Oleh karena itu jagalah nama baik almamater yang kita cintai ini.

“Kami selalu berharap agar saudara terus belajar sepanjang waktu, capailah gelar yang lebih tinggi, dan terus bekerja keras, jujur dan disiplin, lakukanlah perubahan mulai dari diri sendiri, mulai sekarang dan mulai dari yang mudah. Saudara-saudara nantinya akan dinilai oleh masyarakat mulai dari cara berfikir dan bertindak secara cermat dan teliti,”pesanya.

Kepada orang tua, kami mengucapkan selamat berbahagia atas lulusnya putra – putri Bapak dan Ibu sekalian. Hal ini juga tentu merupakan kesuksesan dan kebahagiaan orang tua dan keluarga.

” Semoga Allah SWT memberkahi dan memberi kemudahan para wisudawan-wisudawati untuk segera bekerja dan sukses dikemudian hari,”tambahnya.

Kemudian, sambungnya kepada Kepala L2Dikti , dan Walikota dan para hadirin yang kami muliakan. Pada acara wisuda ini akan diwisuda 138 lulusan Program Sarjana yang terdiri dari 94 orang dari prodi Agroteknologi dan 44 orang dari prodi Agribisnis.

“Dimana dari 138 lulusan tersebut yang memperoleh predikat dengan Pujian (Cumlaude) sebanyak 19 orang. Sedangkan rata-rata IPK yang diperoleh pada wisuda kali ini adalah 3,11 dengan rata-rata lama study 3 tahun 7 bulan,”jelasnya.

Hal ini, kata dia sangat menggembirakan bahwa mahasiswa STIPER lulus tepat waktu semakin meningkat dari tahun ketahun dengan Indeks prestasi rata-rata di atas 3.

 

“Kami mengucapkan selamat dan turut bangga atas predikat yang saudara/i peroleh. Secara keseluruhan kampus ini telah banyak meluluskan alumni dan sebagian besar alumni telah mengabdikan ilmu yang mereka peroleh pada instansi-instansi pemerintah maupun swasta yang menyebar di seluruh daerah Kabupaten dan Kota di Provinsi Lampung maupun di luar daerah. Sudah barang tentu mereka telah memberikan kontribusi kepada pembangunan Nasional khususnya di Provinsi Lampung, sesuai dengan disiplin ilmunya masing-masing,”paparnya.

Diantara peserta wisuda pada hari ini, ada beberapa wisudawan yang sangat berbahagia karena berhasil memperoleh predikat terbaik. Penilaian terbaik ditinjau dari beberapa aspek yaitu IPK, masa studi, dan keaktifan dalam organisasi dikampus.

“Kami sampaikan bahwa Wisudawan terbaik diraih oleh ananda Vio Amanda Putri dengan IPK 3,79 dengan masa penyelesaian studi 3 tahun 5 bulan, dengan predikat ”Dengan Pujian/Cum Laude” dan merupakan mahasiswa KIP yang aktif berorganisasi di STIPER Dharma Wacana. Sedangkan wisudawan terbaik dari STIPER Dharma Wacana adalah sebagai berikut, terbaik pertama Vio Amanda Putri IPK 3,79
terbaik kedua Fransiska Lorensia IPK 3,79
terbaik ketiga Lorenza Dwi Andini IPK 3,77,”jelasnya.

Untuk itu, saya atas nama pribadi maupun atas nama lembaga menyampaikan selamat atas pencapaian prestasi tersebut semoga predikat yang saudara – saudari peroleh pada masa kuliah bisa terus ditingkatkan dalam kehidupan sehari hari ditengah tengah kehidupan masyarakat nanti.

“Perlu diketahui juga bahwa peserta Wisuda tertua adalah Saudara Wawan Hermanto dan yang termuda adalah Saudara Riva Indriani. Untuk itu saya memberikan apresiasi kepada mereka semoga tetap semangat untuk meningkatkan pengetahuan dan terus berjuang dan berkarya untuk mencapai cita-citanya,”ungkapnya.

Pada kesempatan ini sampaikan juga ucapan terimakasih kepada Pemerintah Pusat maupun pemerintah Daerah, karena telah banyak membantu Perguruan Tinggi Swasta di wilayah L2Dikti khususnya Perguruan Tinggi Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dharma Wacana dengan melalui berbagai bantuan, Hibah maupun beasiswa.

“Untuk bantuan beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan kebudayaan melalui L2Dikti Palembang beasiswa Bidik Misi dan KIP Kuliah dari Dikti yang diperuntukkan bagi siswa kurang mampu tetapi berprestasi. Alhamdulillah mulai dari TA 2013 sampai dengan tahun 2019 STIPER Dharma Wacana telah memperoleh Beasiswa Bidik Misi sebanyak 187 orang dan 225 orang Penerima Program KIP Kuliah dari tahun 2020 sampai 2022. Untuk itu sekali lagi kami sampaikan terimakasih., semoga pada tahun-tahun yang akan datang penerima beasiswa Bidik Misi/KIP ini semakin bertambah,”ujarnya.

Ia menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak, yang berkenan hadir dan mengikuti kegiatan ini hingga selesai, khususnya kepada panitia penyelenggara yang telah mempersiapkan rangkaian acara wisuda ini dengan baik.

“Mudah-mudahan segala upaya yang telah dilakukan, mendapat ganjaran yang setimpal dari Allah SWT. Sekali lagi, saya sampaikan selamat kepada para wisudawan/i sekalian dan para keluarga yang menyertai putra-putrinya pada pagi hari ini. Teruslah untuk tetap berjuang bagi kemajuan bangsa dan negara yang kita cintai ini,”pungkasnya.

Sementara itu, Ketua LLDIKTI Wilayah II, Iskhaq Iskandar, berpesan kepada para wisudawan dan wisudawati untuk tidak melupakan dan memberikan doa kepada orang-orang yang telah memberikan berkontribusi dalam mencapainya menyelesaikan pendidikan di STIPER Dharma Wacana Metro.

“Oleh karena itu, saya ingin berpesan kepada anda semua untuk jangan lupa berterima kasih kepada mereka. Jangan lupa untuk selalu mendoakan mereka. Doakan orang orang yang sudah berkontribusi dalam perjalanan hidup anda yaitu orang tua anda dan guru guru anda.”jelas Iskhaq.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dharma Wacana Metro, Rahmat Haryadi, diwakili pengurus Dima Uramanda mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wali Kota Metro yang telah membawa Kota Metro menjadi kota berpendidikan, sejahtera, dan berkebudayaan.

Ia mengungkapkan bahwa STIPER Dharma Wacana Metro melalui LLDIKTI telah berhasil memperoleh penghargaan sekolah tinggi Peringkat I untuk kualitas alumni dan kemitraan.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Metro, Wahdi Siradjuddin menyampaikan apresiasi dan mengucapkan selamat kepada seluruh Civitas Akademika STIPER Dharma Wacana Metro, atas terlaksananya kegiatan wisuda yang diikuti oleh 138 orang wisudawan dan wisudawati.

Wahdi berharap apa yang telah dicapai dapat menjadi pijakan ke depan bagi para wisudawan dan wisudawati di Akademika STIPER Dharma Wacana Metro.

“Pertama hendaknya para wisudawan-wisudawati sekalian dapat menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan kebenaran sesuai hakikat ilmu pengetahuan. Harus mampu mengembangkan dan mengamalkan ilmu pengetahuan yang telah didapatkan selama di perkuliahan, terutama untuk kemajuan Kota Metro dalam mewujudkan Visi Kota Metro yakni terwujudnya Kota Metro Berpendidikan, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya,” pintanya.

Dalam pesannya, Wahdi juga meminta para wisudawan dan wisudawati yang telah lulus dapat menjaga keluhuran, martabat dan nama baik almamater setelah menyelesaikan studinya di STIPER Dharma Wacana Metro.

“Saya juga mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati terbaik pertama yaitu Vio Amanda Putri, terbaik kedua Fransiska Lorensia, yang ketiga Lorenza Dwi Andini atas capaiannya,” pungkasnya.(*)

You might also like

error: Content is protected !!