Bukti Nyata Lemahnya Fungsi Pengawasan, Proyek Hotmix Milik Kecamatan Sukamulya Langsung Ditambal Sulam. ??

HARIAN METRODEADLINE |Tangerang- Soal adanya dugaan dan upaya kecurangan, serta idikasi akan begitu lemahnya fungsi pengawasan ditubuh OPD Kecamatan Sukamulya, dalam proses pelaksanaan program pembangunan proyek peningkatan jalan hotmix, Kp Ceplak Desa Sukamulya,Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang-Banten yang beberapa waktu lalu ini rampung dikerjakan, rupanya hal tersebut bukanlah hisapan jempol semata (Sabtu 04/05/2024)

Ramainya pemberitaan dibeberapa platform media massa beberapa waktu lalu ini, yang menyuarakan bahwa telah terjadi indikasi penyimpangan dan dugaan kecurangan yang sebagian besar diakibatkan oleh lemahnya fungsi pengawasan, nampaknya hal tersebut sangat membuat risau pihak Kecamatan Sukamulya, dan segera bergegas melakukan beberapa langkah perbaikan dan penambahan volume panjang, guna menutupi kekurangan kekurangan yang ada.

Tentunya upaya tambal sulam yang dilakukan oleh pihak Kecamatan Sukamulya itu sendiri secara tidak langsung, menunjukan bahwa proses optimalisasi fungsi pengawasan didalam proses pengerjaan kala itu sesungguhnya masih belum berjalan dengan sebagai mana mestinya.

Mencuatnya berbagai pemberitaan beberapa waktu ini, rupanya hal tersebut masih dirasa belum cukup mampu untuk mengantarkan para tim auditor dan pihak pemeriksa keuangan agar segera turun dan melakukan upaya audit serta pemeriksaan kembali hasil pengerjaan proyek yang sangat diduga kuat dikerjakan asal jadi dan sangat berpotensi dapat merugikan keuangan negara.

Sementara itu Camat Sukamulya, Asep, melalui sambungan via WhatsApp nya, memberikan keterangan kepada awak media ini seputar upaya dan proses perbaikan dan evaluasi yang telah dilakukan, iapun kala itu menjelaskan bahwa proses perbaikan diawasi langsung oleh Kasie dan pengawas.

“Hari Selasa, 30 April 2024 kmrn sudah dilakukan upaya perbaikan oleh pihak pelaksana dan diawasi oleh Kasi Pelayanan dan Staf,, tetapi ternyata blm maksimal mengingat bahan baku nya kurang dan sudah diingatkan lagi kpd pelaksana. Direncanakan Kamis, 3 Mei 2024 akan dilakukan perbaikan lagi. Ungkapnya

Perlu diketahui pada saat proses pengerjaan, tidak didapati adanya pemasangan bakisting penahan kiri dan kanan, yang bertujuan agar tingkat ketebalan Hotmix dapat maksimal dan merata, pemerataan bahan material Hotmix kala itu dilakukan berdasarkan terkaan dan kira kira, lebih lanjut dari hasil investigasi yang dilakukan oleh awak media secara lebih mendalam, nampak terlihat tingkat ketebalan hotmix pada proyek tersebut, berada di 2 – 2,5 cm sedangkan pada umumnya pengerjaan proyek hotmix memiliki ketebalan 4 cm.

Akibat dari adanya penambalan, perbaikan dan evaluasi itupun, beberapa titik pada badan jalan hotmix nampak meninggi dan tidak rata.

Hingga berita ini kembali diterbitkan pimpinan Inspektorat Kabupaten Tangerang dan pihak kontraktor masih belum dapat dijumpai, untuk di konfirmasi dan pemberitaan lebih lanjut ( Nurdin )

You might also like

error: Content is protected !!