Dinsos Lampura Jenguk Udin Warga Ogan Jaya Penderita Lepra

Lampung Utara, Metrodeadline.com – Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Lampung Utara, meninjau kediaman Udin (47) warga Dusun 003 RT 001, Desa Ogan Jaya Kecamatan Sungkai Utara, Lampung Utara, pengidap penyakit lepra. Selasa (21/02)

Diketahui, Udin tinggal sebatang kara dirumah berdinding bata dan mengidap penyakit kulit sejak dua tahun silam. Kondisi ini menyebabkan ia tidak bisa berkumpul dengan masyarakat sekitar karena penyakit yang diderita.

Usai meninjau, Kadis Sosial Lampung Utara, Gadriyanto Abung, S.STP., M.H., mengatakan pihaknya akan segera melakukan aktifasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) guna kebutuhan dasar si Udin.

“Karena Bantuan Sosial itu berbasis data, sementara ini kita lihat aktifasi Adminduk (Administrasi Kependudukan). Setelah itu di pastikan itu online, kita input kedalam DTKS.” Ucap Kadisos Lampura, Gadriyanto

Masih kata dia, melalui DTKS seorang warga akan memperoleh berbagai program yang telah dikucurkan pemerintah antaranya, jaminan kesehatan PBI, bantuan Sosial PKH dan bantuan lainnya.

“Kita berkewajiban mengusulkan ini, kemudian akan dibuatkan proposal yang ditujukan kepada Kementrian.” Tuturnya

Proposal itu tujuannya mendapat asesmen dari Kementrian. Nantinya pihak Kementrian akan turun meninjau langsung untuk melihat kebutuhan pasien itu apa, namun diawali dari Dinas Sosial.

Sementara terpisah, Kepala Desa Ogan, Jaya Andi Pauzan, menjelaskan Udin memang sudah lama berpisah dengan istrinya dan keluarganya.

“Keseharian si Udin ini tadihta bekerja sebagai Buruh, makan dari tetangga sekitar dan belum lama ini ada donasi dari warga sekitar.” Jelas Andi.

Dikatakannya, pihak Dinas Kesehatan, Kepala Puskesmas sudah turun melihat dan akan membantu Udin. “Didiagnosa kemarin Udin mengalami penyakit lepra, dia ini pekerja sebagai buruh dan tinggal sendiri.” Ucapnya.

Turut mendampingi saat itu, Camat Sungkai Utara Antoni Efendi,, Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial, Firmansyah, Kepala Desa Ogan Jaya beserta perangkatnya.

(*/Aw)

You might also like

error: Content is protected !!