Hindari Anterin, ASDP Arahkan Pembelian Tiket Secara Online

Lampung Selatan, metrodeadline.com- Trafik penumpang dan kendaraan dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni, Lampung terpantau ramai dan mengalir. Diperkirakan, trafik akan terus mengalami peningkatan hingga akhir pekan ini.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, antusiasme masyarakat melakukan perjalanan libur akhir tahun dengan kapal ferry khususnya di lintas Merak – Bakauheni dan Ketapang – Gilimanuk cenderung meningkat.

ASDP, lanjutnya, meminta kepada seluruh pengguna jasa agar dapat melakukan pemesanan tiket ferry minimal H-1 keberangkatan untuk menghindari antrian sehingga perjalanan liburan semakin nyaman, aman, sehat dan selamat.

“Mohon lakukan reservasi tiket jauh-jauh hari. Pengguna jasa lintas Merak – Bakauheni dan Ketapang – Gilimanuk wajib beli tiket via Ferizy, karena sudah tidak ada penjualan tiket di pelabuhan,” tutur Shelvy.

Khusus pengguna jasa lintas Merak – Bakauheni yang memilih layanan eksekutif, dapat menggunakan layanaan kapal ekspress ASDP diantaranya KMP Portlink, KMP Sebuku, KMP Legundi dan KMP Jatra 3. “Silakan menikmati perjalanan yang seru dengan kapal ekspres ASDP yang menyediakan berbagai fasilitas dan sarana yang nyaman, aman dan sehat bagi penumpang di atas kapal,” tutur Shelvy.

Diprediksikan, trafik penumpang dan kendaraan akan mengalami peningkatan hingga akhir pekan ini, ramai namun tetap mengalir lancar. Berdasarkan data Posko Merak selama 24 jam (periode 20 Desember 2022 pukul 08.00 WIB hingga 21 Desember 2022 pukul 08.00 WIB) atau H-5, tercatat jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 32 unit kapal. Realisasi total penumpang mencapai 39.684 orang atau naik 11% persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 35.664 orang. Total kendaraan tercatat 8.983 unit yang telah menyeberang dari Jawa ke Sumatera pada H-5 atau naik 12% persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 8.036 unit.

Sedangkan total penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera mulai dari H-8 hingga H-5 tercatat 147.450 orang atau naik 4% dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 142.410 orang. Dan untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 32.931 unit atau naik 0% persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 32.966 unit.

Sebaliknya, data Posko Bakauheni pada H-5 (24 jam) tercatat jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 31 unit kapal. Adapun realisasi total penumpang mencapai 32.621 orang atau naik 38% persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 23.565 orang. Total seluruh kendaraan tercatat 7.625 unit yang telah menyeberang dari Sumatera ke Jawa pada H-5 atau naik 18% persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 6.448 unit.

Sedangkan total penumpang yang menyeberang dari Sumatera ke Jawa mulai dari H-8 hingga H-5 tercatat 141.391 orang atau naik 43% dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 98.619 orang. Dan untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 49.997 unit atau naik 26 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 39.767 unit.

Sementara itu, data Posko Ketapang mencatat total penumpang yang menyeberang dari Ketapang ke Gilimanuk mulai dari H-8 hingga H-5 tercatat 90.405 orang atau naik 60% dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 56.515 orang. Dan untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 20.907 unit atau naik 36% persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 15.348 unit.

Sedangkan total penumpang yang menyeberang dari Gilimanuk ke Ketapang mulai dari H-8 hingga H-5 tercatat 82.061 orang atau naik 49% dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 55.006 orang. Dan untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 19.596 unit atau naik 29% persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 15.140 unit.

“Untuk lintas Ketapang – Gilimanuk, trafik penumpang dan kendaraan terpantau lebih tinggi yang menyeberang dari Jawa menuju Bali. Kita prediksikan, trafik ini akan terus meningkat menjelang Tahun Baru mengingat pulau Bali menjadi destinasi pariwisata favorit yang akan dikunjungi pada liburan akhir tahun, yang juga berbarengan dengan libur anak sekolah,” tutur Shelvy.

ASDP telah membuka penjualan tiket ferry periode Angkutan Natal dan Tahun Baru 2023 sejak 60 hari sebelumnya mengingat waktu perjalanan libur Natal dan Tahun Baru 2023 yang semakin mendekat, sehingga masyarakat diimbau agar melakukan reservasi tiket jauh-jauh hari sehingga perjalanan lebih terjamin, lebih aman, tidak perlu mengantre, dan pastinya lebih nyaman.

“Pengguna jasa khususnya di lintas Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk pastikan beli tiket online secara mandiri hanya di Website Ferizy, Aplikasi Ferizy, atau di mitra resmi ASDP, yaitu: Indomaret, Alfamart, Agen BRILink, dan Agen Finpay (Delima Point). Hal ini penting untuk memastikan ketersediaan tiket dan memperlancar pelayanan di pelabuhan,” kata Shelvy lagi.

Pengguna jasa, lanjutnya, yang telah membeli tiket untuk mengatur waktu di hari H agar tidak terlambat dan melakukan _check in_ 2 jam sebelumnya. Tiket akan _expired_ jika melewati waktu jadwal masuk pelabuhan. Apabila tiba di pelabuhan belum bertiket, maka kendaraan akan diputar balik keluar pelabuhan. “Jangan lupa saat membeli tiket via online, pastikan pengguna jasa mengisi daftar penumpang dalam kendaraan secara tepat dan lengkap, termasuk data kendaraannya. Ini penting terkait hak asuransi setiap penumpang dan memperlancar proses perjalanan,” tuturnya.*
(Hari/Tim)

You might also like

error: Content is protected !!