16 Operator Desa Dalam Kecamatan Tungkal Jaya Ikuti Pelatihan Desa Cantik

Muba,metrodeadline.com-Sebanyak 16 Operator Desa dalam Kecamatan Tungkal Jaya mengikuti pelatihan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) di ruang rapat Kantor Camat Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan, Rabu (07/09/22).

Untuk diketahui Desa Cinta Statistik merupakan Program percepatan Penguatan Statistik Sektoral secara Nasional, dilaksankan pada tingkat pemerintahan terkecil dan sekaligus sebagai salah satu implementasi program Satu Data Indonesia (PSDI).

Camat Tungkal Jaya Dr H Sugeng Riyadi SPd MM mengatakan, Sebanyak 16 operator dari setiap desa dalam Kecamatan Tungkal Jaya mengikuti pelatihan Desa Cantik dari BPPS.

“Sangat-sangat antusias, Alhamdulillah seluruh desa mengirimkan satu operator untuk mengikuti pelatihan Desa Cinta Statistik,” ujar Sugeng pada Sidaknews, Rabu (07/09).

Dijelaskan Sugeng, Tujuan umum dari program ini adalah untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa atau kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik. Selain itu sebagai Standarisasi Pengelolaan Data Statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik.

“Tujuan selanjutnya untuk optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di desa dan kelurahan. Kemudian untuk membentuk agen-agen statistik pada level desa dan kelurahan. Sehingga desa tidak lagi menjadi objek pembangunan, namun menjadi subjek dan ujung tombak pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tutup Sugeng. (A.suhendra)

You might also like

error: Content is protected !!