Rumah Sakit Umum Kartini Wujudkan Kepedulian Kepada Peserta JKN Melalui Program CSR

BPJS Kesehatan Metro apresiasi Rumah Sakit Umum Kartini atas kontribusinya dalam program crowdfunding melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) untuk membantu 60 peserta JKN, hal ini disampaikan oleh Wahyudi Putra Pujianto selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Metro dalam kegiatan seremonial penandatanganan PKS tentang CSR Jaminan Kesehatan bagi peserta JKN tahun 2022, Jum’at (12/08).

Sebagai informasi, Program crowdfunding atau disebut juga dengan Donasi Badan Usaha merupakan program yang mengakomodir partisipasi badan usaha dalam pembiayaan JKN, sehingga dengan adanya program ini maka dapat membantu masyarakat kurang mampu yang memiliki keterbatasan dan kemampuan iuran JKN. Penerima program ini difokuskan pada keluarga tidak mampu yang berdomisili di lingkungan donatur. Donatur membiayai iuran keluarga tersebut sebagai salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau biasa disebut CSR.

“Rumah Sakit Umum Kartini telah berkontribusi langsung dalam mendukung Program JKN. Pandemi Covid-19 yang telah berjalan selama lebih dari dua tahun ini tentu berpengaruh signifikan terhadap kemampuan bayar dari peserta JKN segmen Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) sehingga banyak dari mereka yang akhirnya menunggak. Saya yakin ketulusan, keikhlasan, dan sumbangsih dari Rumah Sakit Umum Kartini melalui program crowdfunding ini akan banyak memberi manfaat,” tutur Wahyudi.

Lebih lanjut, Wahyudi menyampaikan bahwa dengan adanya kontribusi Badan Usaha dalam membantu pembiayaan iuran peserta JKN juga turut membantu pemerintah Kabupaten Lampung Tengah untuk mencapai UHC (Universal Health Coverage).

Secara terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Tengah Otniel Sriwidiatmoko menyampaikan bahwa saat ini peserta JKN di Kabupaten Lampung Tengah mencapai 75% dari total penduduk, oleh karena itu ia berharap dengan adanya program Crowdfunding ini dapat menambah cakupan kepesertaan.

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Umum Kartini Lampung Tengah, Dionysius Beni Nugroho menyampaikan bahwa Rumah Sakit Umum Kartini akan terus berkomitmen untuk membantu memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. Hal ini terbukti dengan keikutsertaan Rumah Sakit Umum Kartini dalam program Crowdfunding ini.

“Kami bangga bisa turut berkontribusi dalam upaya menuju Universal Health Coverage di Kabupaten Lampung Tengah”, ungkap Dionysius

Di akhir kegiatan, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Metro menyampaikan harapannya agar sinergi yang telah terjalin selama ini dapat terus semakin ditingkatkan, agar cakupan semesta dapat segera terwujud.

You might also like

error: Content is protected !!