SDN 01 Purwosari Padang Ratu Lamteng Tertutup Soal Alokasi Dana BOS

Lampung Tengah -Merujuk pada Juknis Pengelolaan Dana BOS Setiap Sekolah pada Prinsip nya harus secara Fleksibel, Efektif, Efisien, Akuntabel Dan Transparan dalam pengelolaan nya,

Selain pengelolaan nya yang harus dipertanggung jawabkan, Pemerintah sangat mengharapkan peran serta masyarakat dan lainnya dalam mengawasi penggunaan anggaran dari APBN tersebut, yang tertuang dalam Juknis dengan prinsip Transparansi.

Hal demikian harus nya juga diterapkan oleh pihak Sekolah SD N1 Purwosari, Kecamatan Padang Ratu, Lampung Tengah, Yang dinilai jauh dari prinsip Transparan dan sangat tertutup dalam pengelolaan Dana BOS.

Selain tidak ada nya informasi pengelolaan dana Bos di sekitar sekolah, Kepala sekolah dan Bendahara pun enggan memberikan informasi kepada awak media ini saat di konfirmasi terkait pengelolaan nya (23/5/2022)

Yang lebih anehnya lagi, Muslim selaku kepala sekolah informasi yang disampaikan hanya kalimat “Pengelolaan dana bos kita susah sesuai aturan dan juknis” tegasnya,

“Selain dinas pendidikan dan insfektorat tidak ada yang berhak tahu pengelolaan anggaran dana bos” ungkap muslim

Namun pada saat di tanyakan awak media ini terkait aturan dan undang undang tentang keterbukaan publik sesuai peraturan menteri dirinya tidak bisa menjawab melainkan meninggalkan awak media Sa’ad kompirmasi.

Melihat hal tersebut, Kuat dugaan banyak penyelewengan yang dilakukan oleh pihak sekolah, Dengan membatasi informasi ke pihak publik agar menutupi kesalahan-kesalahan nya.

Peran pihak Dinas Pendidikan diharapkan menjadi perpanjangan tangan dari Kemendikbud dalam memastikan supaya Program tersebut benar-benar digunakan sesuai regulasi dan juknisnya.(Rizki)

You might also like

error: Content is protected !!