Indahnya Berbagi, Sambut Ramadhan 1443 H Masyarakat Sinar Tungkal Sedekah Receh

Muba,metrodeadline.com- Indahnya berbagi dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan masyarakat Desa Sinar Tungkal, Kecamatan Tungkal Jaya, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Melakukan sedekah receh, Jumat malam (01/04/22).

Kepala Desa Sinar Tungkal Indra Gunawan mengatakan, sedekah receh merupakan salah satu tradisi masyarakat Sinar Tungkal biasanya dilakukan ketika hari-hari tertentu salah satunya menjelang bulan Ramadhan.

“Sedekah receh artinya masyarakat Desa Sinar Tunggal mendatangi dan membagikan celengan atau tabungan ke rumah-rumah, lalu diisi oleh uang receh oleh warga yang ingin bersedekah,” ujar Indra.

Lanjutnya, kurang lebih setahun sedekah receh telah berjalan, lalu uang tersebut dikumpulkan dan belikan Sembako yang nantinya di berikan untuk warga Sinar Tunggal yang memang membutuhkan dan 10% akan di berikan pada anak yatim saat menjelang hari raya Idul Fitri nanti.

“Alhamdulillah sebanyak 15 keluarga Penerima Manfaat (KPM) seperti sakit menahun, Putus pekerjaan dan janda lansia telah mendapatkan bantuan dari hasil sedekah receh selain itu,” ungkap Indra.

Indra berharap agar tradisi sedekah receh di desanya dapat dilestarikan, sehingga keluarga yang benar-benar membutuhkan dapat sedikit terbantu di saat menjelang bulan suci Ramadhan.

“Terimakasih untuk semua masyarakat Desa Sinar Tungkal yang telah menyisihkan uang receh nya, muda-mudahan apa yang kita lakukan menjadi suatu amal kebaikan. Saya atas nama Pemerintah Desa Sinar Tunggal mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan 1443 H, Selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga di bulan yang penuh rahmat ini, kita senantiasa mendapatkan kesehatan, keselamatan, dan keberkahan dari Allah SWT,” tutup Indra. (A.suhendra)

You might also like

error: Content is protected !!