Awas ! Oli Palsu Beredar di Bungo

MUARA BUNGO,- Imbas dari tingginya populasi mobil dan motor saat ini, ternyata berdampak dengan maraknya peredaran oli palsu yang ada di pasaran khususnya di Kabupaten Bungo, Rabu (21/07) kemarin.

Oleh karena itu konsumen harus pintar pintar memilih produk oli yang benar asli. Perlu di ketahui, mobil atau motor sering menggunakan oli bisa bisa mesin menjadi jebol atau ngejem alias mati total.

Erik salah satu mekanik motor atau pemilik bengkel mengatakan pelumas sangat penting bagi mesin yang memiliki multi fungsi. Selain untuk melumasi komponen di dalam mesin juga berfungsi untuk mendinginkan suhu mesin,” ucap Erik di temukan di bengkelnya.

” Bisa kebayang kan kalau oli palsu di pakai terus menerus bisa fatal bagi mesin, terutama oli palsu cendrung cepat encer di banding oli asli,” ujar Erik.

Peredaran oli palsu biasanya kebanyakan di dusun dusun yang jahuh dari pusat Kota Bungo. Dimana mereka bisa melancarkan aksinya dan orang dusun yang penting ganti oli dan tidak pernah teliti, lantaran tidak mau pengetahuan terhadap oli.

Sebelumnya, “saya juga pernah jual oli palsu lantaran takut konsumen komplain saya langsung memutuskan berhenti menjual oli palsu. Kalau melihat dari kasat mata melihat oli palsu atau yang asli sangat susah membedakan tinggal kejelian atau ilmu pengetahuan kita membedakan oli asli dan palsu,”ujar Erik.

Oli palsu bisa dilihat dengan visual mata pertama melihat dari nomor produk biasanya, produk oli tertera di tutup botol, produsen biasa meletakkan di dua tempat di botol.

Kedua melihat kemasan botol secara detail biasa oli palsu plastik botol nya lebih pucat di banding dengan yang asli, serta olinya lebih encer.

Kadis Perindagkop Bungo Supriadi saat komfirmasi melalui via telpohone mengatakan akan menindak lanjuti hal tersebut, terima kasih informasinya “dindo” baru tahu, “ucap kadis. (Abun)

You might also like

error: Content is protected !!