BPJS Kesehatan Kabupaten Mesuji Gelar Monitoring dan Evaluasi Pelayanan Primer

Perkembangan teknologi saat ini memang menjadi momok penting bagi dunia kesehatan. Dengan berbagai inovasi teknologi dapat membantu masyarakat dalam menunjang pelayanan kesehatan dan mendapatkan layanan kesehatan di seluruh fasilitas kesehatan. Berdasarkan hal tersebut, BPJS Kesehatan Kabupaten Mesuji bersama dengan Dinas Kesehatan, serta Fasilitas Kesehatan di wilayah Kabupaten Mesuji melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi pelayanan primer, Rabu (16/06).

Plh. Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Mesuji, Dian Sucipto menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk melihat sejauh mana perkembangan pelayanan kesehatan tingkat primer di wilayah Kabupaten Mesuji.

“Kegiatan merupakan sarana untuk melihat efektifitas tingkat pemanfaatan JKN-KIS di daerah, hal ini senantiasa dilakukan untuk menggali permasalahan-permasalahan yang terjadi di FKTP serta bersama-sama mencari solusinya,” tutur Dian.

Dian juga menjelaskan metode yang digunakan adalah dengan bedah kasus berdasarkan analisa data yang diinput melalui aplikasi p care secara rutin dan realtime oleh FKTP. Hal ini dapat membantu melihat sejauh mana dampak pemanfaatan Teknologi Informasi yang telah digunakan FKTP.

Selain itu, Dian mengakui bahwa perkembangan teknologi informasi telah ikut serta mempengaruhi sistem pelayanan kesehatan. Pengembangan sistem teknologi informasi yang dilakukan BPJS Kesehatan pada FKTP bertujuan untuk mempermudah sistem kerja, administrasi dan memangkas waktu tunggu peserta dalam rangka pelayanan yang efektif dan efisien.

“BPJS Kesehatan sendiri telah memperkenalkan beberapa aplikasi dan terbukti memberikan dampak yang positif dalam pelayanan kesehatan seperti Primary Care, Health Facilities Information System (HFIS), Antrean Online, Mobile JKN dan Mobile JKN Faskes. Harapannya, kedepannya BPJS Kesehatan dan seluruh fasilitas kesehatan bisa menghadirkan inovasi pelayanan berbasis teknologi sehingga bisa memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan kesehatan,” tambah Dian.

Senada dengan hal tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji melalui Kepala Seksi Pelayanan Primer, Eri Seminarti menyatakan bahwa pemanfaatan teknologi informasi pelayanan kesehatan tingkat primer di wilayah Kabupaten Mesuji sangat membantu terhadap kerapihan administrasi, terutama data kunjungan pasien.

“Dari pemanfaatan p care secara realtime, FKTP secara mandiri dapat mengetahui kuantitas dan kualitas pelayanan kesehatan seperti pemanfaatan JKN-KIS dalam melakukan kunjungan sehat, pelayanan promotive preventif, hingga tingkat rasio rujukannya, hal ini tentunya akan memudahkan FKTP dalam memantau dan meningkatkan pelayanan kesehatan bagi peserta,” ungkap Eri.

Di akhir kegiatan, Dian berharap dengan adanya kegiatan ini, FKTP dapat memanfaatkan perkembangan teknologi dengan optimal sehingga mampu memaksimalkan perencanaan, pengambilan kebijakan yang tepat, dan evaluasi pelayanan kesehatan. (FR/be)

You might also like

error: Content is protected !!