Warga Lapas Kelas IIA Kotabumi Gotong Royong Bersihkan Cagar Budaya Makam Minak Triodiso

LAMPUNG UTARA – Puluhan narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kotabumi gotong royong membersihkan cagar budaya makam leluhur salah satu tokoh Lampung, Minak Triodiso, di Desa Sekipi, Abung Tinggi, Lampung Utara, Jumat (4/6/2021). Para narapidana itu, dikawal petugas lapas yang dikomandoi Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Endang Lintang Hardiman.

Dalam kegiatan yang disebut Bhakti Merah Putih ini, Lapas kelas II A menggandeng organisasi wartawan yaitu Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lampung Utara. Kalapas Kelas II A Kotabumi, Endang Lintang Hardiman, mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan Bakti Sosial yang kesekian kalinya dilakukan bersama PWI Lampung Utara.
”Kegiatan ini kita mengerahkan 20 warga binaan. Kita melakukan bersih-bersih di lingkungan makam, Kemudian memperbaiki atap yang bocor dan mengecat bangunan makam,” ujarnya.

Bhakti Merah Putih narapidana bertujuan untuk melindungi dan menjaga situs bersejarah agar keasliannya tetap terjaga. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk memasyarakatkan kembali warga binaan untuk selanjutnya kembali ke masyarakat.

Ketua PWI Lampung Utara, Rozi Ardiansyah, mengatakan, cagar budaya ini merupakan salah satu aset daerah. Oleh sebab itu, dirinya berharap kepada pemerintah daerah agar untuk meningkatkan akses jalan.
“Karena ini merupakan potensi daerah untuk dapat dikembangkan menjadi wisata religi,” kata Ketua PWI Lampura, Rozi Ardiansyah. (*)

Penulis : Jimi Irawan
Editor : Afriando W

Sumber : https://lampung.inews.id/berita/puluhan-narapidana-gotong-royong-bersihkan-cagar-budaya-di-lampung

You might also like

error: Content is protected !!