Ditutup, Pelayanan Puskesmas Sukadana Sementara Dialihkan Dalam Rangka Mencegah Penyebaran Covid-19

LAMPUNG TIMUR – Pelayanan kesehatan masyarakat di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) sementara ditutup.

Penutupan dimulai dari tanggal, 27 November sampai dengan 2 Desember 2020, untuk pelayanan dialihkan sementara ke tempat lain yang terdekat.

Langkah ini merupakan antisipasi sebagai upaya untuk melakukan pencegahan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Dimana, seorang tenaga kesehatan Puskesmas Sukadana selaku bidan desa berinisial, AA positif Covid-19, sehingga menyebabkan para tenaga kesehatan dan staf lainnya takut tertular.

“Mohon maaf, pelayanan di UPTD Puskesmas Sukadana sementara ditutup dari tanggal, 27 November sampai dengan 2 Desember 2020,” demikian bunyi himbauan yang terpasang di pintu masuk Puskesmas Sukadana.

“Untuk pelayanan dialihkan sementara ke Puskesmas lain terdekat, terimakasih atas perhatiannya.”

Sebelumnya diberitakan, Seorang tenaga kesehatan Puskesmas Sukadana Kabupaten Lampung Timur berinisial, AA seorang Bidan Desa positif Covid-19, hal itu diketahui setelah mengikuti swab pada Senin, 23 November 2020 di Bandar Lampung, sedangkan hasilnya diterima pada Rabu, 25 November 2020.

Seharusnya, layanan kesehatan pihak Puskesmas Sukadana pimpinan dr. Ekawati Apriyanti ditutup, akan tetapi tetap melakukan layanan kesehatan, sedangkan para tenaga kesehatan dan staf takut tertular.

AA mengikuti swab di laboratorium di Bandar Lampung, sementara hingga saat ini belum diketahui dimana lokasinya menjalani isolasi.

Menurut Ekawati Koordinator Puskesmas Sukadana pihaknya tetap melakukan layanan kesehatan diduga perintah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Timur, dr. Nanang Salman Saleh.

Pihaknya tidak bisa menutup layanan kesehatan karena harus menyampaikan laporan ke BPJS lebih dulu sehubungan dengan kontrak.

“Untuk tutup Puskesmas tidak bisa serta merta, karena harus berlapor dahulu ke BPJS, karena kami terikat kontrak dengan BPJS dan mulai besok kami sudah tutup,” tutur Ekawati kepada metrodeadline saat dikonfirmasi pada Kamis, 26 November 2020 WIB melalui WhatsApp.

Mulai besok, pada Jumat, 27 November 2020 layanan kesehatan masyarakat ditutup.

“Dan mulai besok kami sudah tutup,” terangnya.

Pihaknya belum menerima data resmi dari Dinas Kesehatan Propinsi Lampung, karena pihak Propinsi Lampung yang melakukan pemeriksaan.

“Oiya, sedangkan untuk berlapor ke BPJS sampai tadi Dinkes belum dapat data resmi dari Propinsi, karena Propinsi yang dalam hal ini melakukan pemeriksaan,” pungkas Koordinator Puskesmas Sukadana.

(Ropian Kunang)

You might also like

error: Content is protected !!