Ganjar Asri Sukses Realisasikan Dana Kelurahan Tahun 2020

Guna memastikan hasil pekerjaan sesuai dengan rencana anggaran biaya (RAB). Lurah Ganjar Asri, Nurita Prihastuti, S. Psi selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Kegiatan Sarana Prasarana, dan Pemberdayaan Masyarakat Tahun 2020, mengecek langsung hasil pekerjaan jalan cor blok dan saluran drainase yang dikerjakan oleh kelompok masyarakat (Pokmas) secara swakelola, Selasa (17/11/2020).

Diketahui anggaran sebesar Rp. 350.000.000 bersumber dari APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) Pemerintah Pusat Tahun 2020, yang digelontorkan di Kelurahan Ganjar Asri, Kecamatan Metro Barat Kota Metro.

Dalam tinjauanya, Lurah Ganjar Asri didampingi, Kasi Ekonomi dan Pembangunan, Karlos Farmansyah, Ketua Pokmas Jaya Asri, Saerudin, Pengurus Pokmas Habib Rahmat, dan Didi Mardianto selaku pengawas Pokmas.

Dalam kesempatan tersebut, Lurah Ganjar Asri, Nurita Prihastuti, S. Psi mengatakan bahwa, alokasi dana kelurahan sudah di realisasikan sesuai petunjuk teknis dan petunjuk pelaksana dengan mengacu pada aturan yang ada.

“Adapun tahap I direalisasikan untuk 13 titik pembangunan fisik. Terdiri dari pembangunan jalan cor blok dan saluran drainase yang tersebar di sejumlah RW di Kelurahan Ganjar Asri,”ungkapnya.

Untuk realisasi tahap ke II, masih kata Nurita dialokasikan untuk pembangunan lima titik saluran drainase dan jalan cor blok penuntasan tahap pertama. Kemudian pengadaan sarana dibidang kesehatan dan pendidikan, dan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan sulam tapis dengan sasaran ibu-ibu kader PKK Kelurahan Ganjar Asri.

“Jadi untuk pengadaan meliputi kursi, meja, lemari, wireless, untuk Posyandu, Pos Ronda, dan Omah TB. Kemdian untuk sarana bidang pendidikan pengadaan lemari arsip, dan rak sepatu untuk PAUD,”jelasnya.

Sementara, Ketua Pokmas Jaya Asri, Saerudin didampingi Pengurus Pokmas Habib Rahmat, menyampaikan bahwa kegiatan fisik pembangunan jalan cor blok dan saluran drainase sudah terealisasi 100 persen.

“Dalam pekerjaan kita melibatkan pamong RT RW dan masyarakat sekitar, dalam pelaksanaan pembangunan. Dan alhamdulilah semua bersinergi dengan baik, sehingga pembangunan selesai tepat waktu,”tuturnya.


Habib memastikan hasil pekerjaan yang melibatkan masyarakat pasti lebih baik mutu dan kualitasnya.

“Saya mewakili masyarakat Kelurahan Ganjar Asri mengucapkan trimakasih kepada pemerintah Kota Metro dan Pemerintah Pusat yang terus komitmen melakukan pembangunan bertahap secara merata di wilayah Kelurhan Ganjar Asri dan semoga bermanfat,”ujanya.

Sementara itu, Pengawas Pokmas Jaya Asri, Didi Mardianto mengaku dalam hal pengawasan, pihaknya sudah mengacu dengan juknis dan juklak yang ada. Sehingga dirinya memastikan hasil kualitas pembangunan yang dikerjakan masyarakat mendapat hasil yang bagus. (*)

Penulis : Fredi Kurniawan Sandi

You might also like

error: Content is protected !!