Lurah Hadimulyo Timur Tinjau Proggres Dana Kelurahan Tahun 2020

Lurah Hadimulyo Timur, Herni, S.IP,.MH meninjau langsung proggres realisasi dana sarana prasarana dan pemberdayaan masyarakat yang digelontorkan untuk Kelurahan Hadimulyo Timur, Kecamatan Metro Pusat Kota Metro, sebesar Rp. 350.000.000, bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Pemerintah Pusat Tahun 2020, Kamis 15 September 2020.

Dalam tinjauanya tersebut, Herni yang juga merupakan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), didampingi Ketua Pokmas Hati Bersatu, Sukisnoto dan para pengurus menyatakan bahwa, realisasi tahap I sudah selesai 100 persen dengan rincian pembangunan 8 titik saluran drainase dengan panjang volume 80 meter.

Pihaknya mengaku selaku KPA, ikut bertanggung jawab mengawasi jalannya pembangunan. Hal ini dimaksudkan agar pekerjaan yang dikerjakan masyarakat mendapat hasil maksimal dan kwalitas yang bagus, sesuai RAB (Rencana Anggaran Biaya) juknis dan juklat serta merujuk pada aturan yang ada.

Tak hanya itu, Herni kembali memastikan terkait dengan pengelolaan dana yang sifatnya hibah di kelola secara swakelola oleh kelompok masyarakat. Ia selalu transparan  kepada publik dan meminta pokmas agar memasang prasasti nama kegiatan dilokasi pekerjaan.

“Ini adalah bentuk komitmen dan tanggungjawab kita bersama pokmas kepada publik atas dana tersebut,”jelasnya.

Ia menambahkan di wilayah Kelurahan Hadimulyo Timur ini masih ada sekitar 35 persen yang belum tersentuh pembangunan saluran drainase. Oleh karna itu, masyarakat di minta untuk bersabar, dan akan di usulkan melalui program pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

“Jadi sesuai Recana Anggaran Biaya (RAB) setiap titik pembangunan drainase di gelontorkan anggaran sebesar Rp. 21.000.000, dengan panjang volome 80 meter. Sedangkan panjang volume lebih 80 meter dan itu murni hasil swadaya masyarakat,”ungkapnya.

 

Untuk proggres tahap kedua, kata Herni masih dalam proses pembangunan berjalan. Sejumlah pekerja tengah melakukan pekerjaan, dimana pekerjanya melibatkan pamong ketua RT dan RW termasuk masyarakat sekitar.

“Realisasi tahap kedua ini, masih sama yakni direalisasikan untuk pembangunan 7 titik saluran drainase. Dengan panjang volume 80 meter, masing-masing titik digelontorkan dana sebesar Rp. 21.000.000,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pokmas Hati Bersatu, Sukisnoto menyambut baik atas program pemerintah yakni dana sarana prasarana dan pemberdayaan masyarakat.

Menurutnya program ini dirasa sangat strategis mengentaskan kawasan kumuh di pemukiman perkotaan di Kecamatan Metro Pusat.

“Selain di suntik dengan APBD Kota Metro. Dana Kelurahan APBN Pemerintah Pusat ini juga di harapkan mampu menjadi program strategis yang dapat berkesinambungan setiap tahun. Sehingga pemerataan pembangunan di Kelurahan Hadimulyo Timur bertahap dapat terwujud apa yang di harapkan masyarakat selama ini,”pungkasnya. (*/Red)

 

You might also like

error: Content is protected !!