Tingkatkan Pemahaman Peserta JKN-KIS Melalui BPJS Kesehatan Goes To Customer

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada peserta ditahun ke-6, BPJS Kesehatan tetap gencar memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat luas, salah satunya melalui BPJS Kesehatan “Goes to Customer” dengan mengambil tema Inovasi BPJS Kesehatan Untuk Kemudahan, Kepastian, dan Kecepatan Layanan Peserta Program JKN-KIS.

Melalui BPJS Kesehatan Goes to Customer ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman terhadap prosedur, hak, dan kewajiban serta peraturan terbaru dengan berinteraksi langsung terhadap peserta. Kegiatan ini bertempat di Rumah Makan Pindang Sehat Lampung Tengah, pada selasa (28/07) dihadiri oleh peserta PNS Puskesmas se Kabupaten Lampung Tengah.

Kepala Kantor Kabupaten Lampung Tengah, Apriyantina menyampaikan bahwa kegiatan Goes to Customer ini merupakan cara BPJS Kesehatan menjawab pertanyaan dan memberikan pemahaman tentang program JKN-KIS dengan berinteraksi langsung kepada peserta, mulai dari prosedur pendaftaran, alur pelayanan peserta, hak, dan kewajiban peserta JKN-KIS hingga informasi terbaru tentang pelayanan peserta JKN-KIS, termasuk informasi tentang Mobile JKN.

Apriyantina juga menambahkan bahwa mendapatkan informasi-informasi terkait program JKN-KIS merupakan hak peserta, dan kewajiban BPJS Kesehatan untuk memberikan informasi kepada peserta.

“Salah satu upaya kami melalui BPJS Kesehatan Goes To Customer (GTC) untuk bersosialisasi, karena peserta tidak tahu kemana harus bertanya dan menyampaikan keluhan saat mendapatkan pelayanan kesehatan,” ujar Apriyantina.

Bagi peserta yang terkendala saat mendapatkan pelayanan dapat menyampaikan keluhan dan pengaduannya kepada Petugas Pemberi Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) BPJS Kesehatan atau PIPP di masing-masing Rumah Sakit.

“Setiap pengaduan dari peserta akan kami tindak lanjuti secepat mungkin, jadi Bapak/Ibu tidak usah ragu untuk menghubungi petugas kami.

Pengaduan juga dapat disampaikan melalui aplikasi Mobile JKN dan BPJS Kesehatan Care Center 1500 400,” tambah Apriyantina Kepala Puskesmas Bandarjaya, dr. Dian Mariasari turut mengapresiasi kegiatan Goes to Customer tersebut. Untuk mengawal dan menyukseskan pelayanan program JKN-KIS ini salah satunya dengan sosialisasi.

“Program JKN-KIS ini sangat dibutuhkan oleh semua kalangan masyarakat, apalagi didukung dengan aplikasi seperti Mobile JKN yang sangat membantu peserta JKN-KIS terutama dengan fitur KIS Digital.

Fitur ini memungkinkan peserta untuk tidak perlu membawa kartu fisik kepesertaan JKN-KIS setiap kali mengakses pelayanan kesehatan, karena cukup menunjukkan kartu virtual yang muncul di layar smartphone,” ujar dr. Dian. (Ha/be)

You might also like

error: Content is protected !!