Sekda Tanggamus Kunjungi Pasar Kotaagung

metrodeadline.com, Kota Agung -Secara diam-diam tanpa pendampingan jajaran OPD terkait, Sekda Tanggamus Drs. Hamid Heriansyah Lubis, M.Si.,  mengunjungi pasar Kotaagung, Selasa (02/06/2020).

Dalam kunjungan tersebut, Sekda menyapa masyarakat dan menghimbau agar menggunakan masker dan ikuti protokol kesehatan terutama pedagang dan pengunjung pasar.

Selain itu, Sekda juga sengaja menanyakan kepada pedagang tentang penghasilan yang didapat dengan adanya Covid-19.  Dimana para pedagang mengaku sangat terasa dengan menurunnya 50 persen penghasilan mereka.

Sekda menyampaikan dengan melihat situasi seperti itu, termasuk jika  semakin  berkepanjangnya Covid-19 ini, ada suatu titik nanti dimana daya beli masyarakat pada titik yang sangat kritis dan  ini harus kita baca, pelajari harus kita cari solusinya.

“Salah satunya adalah kita akan mengupayakan melalui OPD yang terkait memberikan pelatihan bagaimana masyarakat khususnya yang berdagang sandang diluar pangan, ini bisa dilatih untuk jual beli onlen mengikuti yang ada di aplikasi android ataupun yang sejenisnya,”harap Sekda.

“ Jadi mereka ini tidak hanya tergantung terhadap pengunjung yang datang kepasar, tetapi bisa juga melalui HP, itu harapannya, dan salah satu alternatif, jadi mereka bisa memasarkan produknya dua kali,”Kata Sekda Tanggamus.

Kemudian lanjut sekda, langkah selanjutnya Pemda akan melakukan duduk bersama dengan pihak perbankkan bagaimana pemecahan masalah permodalan, khususnya bagi pedagang-pedagang yang saat ini koleps, yang penghasilannya sudah sekian bulan kebelakang dibawah 50 persen.

“Ini salah satu upaya kita dari pada nanti akan mengakibatkan PHK dari pada yang kerja di toko atau warungnya, ini yang menjadi inti dari kunjungan saya kepasar, ingin melihat langsung dan saya akan pelajari, dan jajaran pemerintah daerah akan mencari solusinya,”pungkas Sekda.

Dalam kesempatan tersebut sekda juga membawa beberapa pihak Perbankkan untuk mendengar langsung keluhan para pedagang terutama terkait dengan permodalan dan pengembangan aplikasi jual beli secara onlen bagi para pedagang pasar. (Adi)

You might also like

error: Content is protected !!