Metro Gagal Punya Dump Truck Baru

Penulis : Fredi Kurniawan Sandi

foto net ilustrasi

metrodeadline.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro gagal menambah aset daerah berupa 1 unit dump truck angkutan sampah bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemerintah Pusat Tahun 2019.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro, Ir. Eka Irianta membenarkan hal tersebut. Ia mengaku gagalnya proses tender pengadaan dengan pihak ketiga ditengarai perusahaan yang menawar berkasnya tidak lengkap alias bermasalah.

“Jadi sudah ditawar oleh pihak ketiga, tapi tidak beres. Setelah pengecekan berkas ternyata tidak memenuhi syarat. Kita tidak ingin mengambil resiko, kalau kita paksakan bisa terjadi permasalahan dikemudian hari, sehingga terpaksa kita batalkan, karna kredibilitasnya tidak masuk,”ungkapnya, kepada  Harian Metro Dedaline, di Gedung Dinas Lingungan Hidup Kota Metro, Kamis (19/03/2020).

Lebih lanjut, kata Eka pihaknya sangat berhati-hati melakukan proses kontrak dengan pihak ketiga. Menurutnya, bila tidak selektif bisa bermasalah dengan hukum.

“Benar dana tersebut sebesar Rp. 400 juta untuk pengadaan 1 unit armada dump truck untuk angkutan sampah. Target kita bisa menambah armada  1 unit lagi, dengan anggaran sebesar itu, target kita bisa mendapat Dump Truck merek Hino atau Toyota Rino,”jelasnya.

Ia kembali menyayangkan gagalnya penyerapan DAK Pemerintah Pusat. Pasalnya, bantuan tersebut tidak bisa terulang kedua kalinya.

“Saya dapat informasi saat ini bantuan armada Dump Truck dialihkan ke Kabupaten/kota berdekatan pesisir atau pantai. Artinya, sangat kecil sekali untuk Kota Metro bisa mendapatkan bantuan Dump Truck lagi,”pungkasnya. (*)

 

You might also like

error: Content is protected !!