Penderitaan Warga Lamteng Terus Berlanjut, Akibat Jalan Kabupaten Rusak Parah

Penulis : Agus Setiawan

LAMPUNG TENGAH – Hampir seluruh jalan Kabupaten di Lampung Tengah rusak parah.Hingga kini, hal itu masih menjadi keluhan bahkan penderitaan warga kabupaten setempat.

Akan tetapi, sangat disayangkan belum ada perbaikan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah.

Kepala Kampung (Kakam) Rama Indra I Ketut Sucipta mengatakan bahwa diri telah berusaha agar jalan kabupaten di Kampung Rama Indra bisa diperbaiki. “Saya sudah mengusulkan secara resmi kepada pihak Pemerintah Kecamatan Seputihraman, agar jalan kabupaten di Kampung Rama Indra menjadi prioritas utama untuk diperbaiki oleh Pemkab Lamteng,” kata Kakam Rama Indra.

Akan tetapi, kata I Ketut Sucipta, aparatut Kecamatan Seputihraman tidak bisa memastikan apakah jalan ini bisa diperbaiki atau tidak. Namun, tetap diusulkan ke Pemkab Lamteng.

“Setelah saya ngusulin itu, memang agak pesimis tahun ini bisa diperbaiki. Karena, aparatur Kecamatan Seputihraman tidak bisa memastikan bisa atau tidak untuk dilakukan perbaikan. Paling tidak saya sudah berusaha semaksimal untuk warga Kampung Rama Indra agar jalan rusak wilayah kampung saya diperhatikan oleh Pemkab Lamteng dan segera diperbaiki,” ujarnya.

Masih dikatakannya, jalan rusak ini sudah 20 Tahun tidak pernah diperbaiki. Sehingga, kondisinya tidak layak dilewati dan membahayakan pengendara roda dua serta menyulitkan para petani saat mengeluarkan hasil panennya.

“Saya berharap pengusulan perbaikan jalan kabupaten yang saya ajukan bisa ditindak lanjuti oleh Pemkab Lamteng. Apabila tidak segera diperbaiki, saya yakin Pemkab Lamteng akan dipandang oleh masyarakat telah gagal dalam membangun kabupaten ini. Sebab, keluhan ini sudah puluhan tahun mereka rasakan,” katanya.

Hal senada, diungkapkan oleh I Nyoman Darto warga Kampung Rama Dewa yang berada di Dusun II dan III, dirinya merasa kebingungan untuk mengadukan keluhan warga Kampung Rama Dewa Dusun II dan III, terkait jalan rusak yang hampir 7 tahun lebih tak mendapat sentuhan perbaikan. Sebab, jalan kabupaten itu menjadi akses utama bagi petani mengeluarkan hasil panennya.

“Dusun II dan III ini, mayoritas warganya berprofesi sebagai petani. Sehingga, adanya jalan yang rusak parah ini. Sangat menghambat dan membahayakan pengendara roda dua khususnya anak sekolah,” keluhnya.

Nyoman sapaan akrabnya, mengungkapkan bahwa areal sawah yang ada di Dusun II dan II Kampung Rama Dewa sangat luas. Tentunya, perlu perhatian khusus dari Pemkab Lamteng.

“Kalau pemimpinannya tidak peduli begini. Kami ingin Bupati baru. Harapannya, Lamteng lebih baik. Mulai dari infrastruktur jalan yang mulus, petani dipermudah mendapat bibit atau pupuk serta warga yang ada di Lamteng diperhatikan pemimpinnya,” harapnya. (red)

You might also like

error: Content is protected !!