Astaga !  20 Tahun Tak Tersentuh Perbaikan, Jalan Kabupaten Di Kampung Rama Indra Sering Terjadi Lakalantas R2

Lampung Tengah

 


LAMPUNG TENGAH – Jalan rusak kabupaten di Kampung Rama Indra, Kecamatan Seputihraman, Lampung Tengah (Lamteng), kondisinya sangat memprihatinkan. Pasalnya, sudah 20 Tahun jalan tersebut tidak pernah tersentuh perbaikan.

Sehingga, banyak lubang-lubang besar disepanjang jalan kabupaten di Kampung Rama Indra. Akibatnya, sering terjadi kecelakaan lalu lintas (laka lantas) terutama pengendara roda dua.

Tokoh adat Kampung Rama Indra I Made Kusuma mengatakan bahwa jalan kabupaten yang terletak di Kampung Rama Indra menjadi akses utama jalan penghubung dengan Kampung Rama Klandungan. Dimana jalan kabupaten yang terletak di kampung ini, sepanjang 6 kilometer dan kondisinya sangat memprihatikan.

“Kita bisa lihat sendiri mas kondisi jalannya. Hancur bener kayak bukan jalan. Sepanjang jalan kabupaten di Kampung Rama Indra, pasti ada lubang-lubang besar yang bisa membahayakan pengendara khususnya roda dua,” ujar I Made Kusuma kepada media ini.

I Made Kusuma menjelaskan bahwa sering sekali terjadi laka lantas tunggal yang dialami oleh pengedara roda dua. “Sudah sering terjadi mas pengedara roda dua jatuh, gara-gara kepergok lubang,” katanya.

Sudah 20 Tahun, lanjut I Made Kusuma, bahwa jalan kabupaten di Kampung Rama Indra ini tidak pernah diperbaiki. Jadi, sudah sewajarnya banyak lubang-lubang di sepanjang jalan kabupaten ini.

“Sudah 20 tahun gak pernah ada perbaikan. Kami juga sangat mengeluhkan kondisi jalan kabupaten yang rusak ini. Kami warga Kampung Rama Indra mengharapkan, kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamteng agar bisa memperbaiki kondisi jalan ini,” keluhnya.

Sementara itu, Kepala Kampung (Kakam) Rama Indra I Ketut Sucipta mengatakan bahwa diri telah berusaha agar jalan kabupaten di Kampung Rama Indra bisa diperbaiki. “Saya sudah mengusulkan secara resmi kepada pihak Pemerintah Kecamatan Seputihraman, agar jalan kabupaten di Kampung Rama Indra menjadi prioritas utama untuk diperbaiki oleh Pemkab Lamteng,” kata Kakam Rama Indra.

Akan tetapi, kata I Ketut Sucipta, aparatut Kecamatan Seputihraman tidak bisa memastikan apakah jalan ini bisa diperbaiki atau tidak. Namun, tetap diusulkan ke Pemkab Lamteng.

“Setelah saya ngusulin itu, memang agak pesimis tahun ini bisa diperbaiki. Karena, aparatur Kecamatan Seputihraman tidak bisa memastikan bisa atau tidak untuk dilakukan perbaikan. Paling tidak saya sudah berusaha semaksimal untuk warga Kampung Rama Indra agar jalan rusak wilayah kampung saya diperhatikan oleh Pemkab Lamteng dan segera diperbaiki,” ujarnya.

Masih dikatakannya, jalan rusak ini sudah 20 Tahun tidak pernah diperbaiki. Sehingga, kondisinya tidak layak dilewati dan membahayakan pengendara roda dua serta menyulitkan para petani saat mengeluarkan hasil panennya.

“Saya berharap pengusulan perbaikan jalan kabupaten yang saya ajukan bisa ditindak lanjuti oleh Pemkab Lamteng. Apabila tidak segera diperbaiki, saya yakin Pemkab Lamteng akan dipandang oleh masyarakat telah gagal dalam membangun kabupaten ini. Sebab, keluhan ini sudah puluhan tahun mereka rasakan,” pungkasnya. (red)

You might also like

error: Content is protected !!