Oknum Tim Pangkas PT. PLN Pangkas Tanaman Diduga Tanpa Izin

Laporan : Ropian Kunang


LAMPUNG TIMUR – Kegiatan pemotongan atau pemangkasan tanaman dilakukan oknum petugas dua regu Tim Pangkas (Row) dari Pelayanan Teknis (Yantek) PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Sukadana Selasa, 5 November 2019 di Desa Taman Endah Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur. Tanaman itu hak milik Supardi Dinata alias Sitit warga Desa setempat, sementara petugas Tim Pangkas (Row) melakukan pemotongan atau pemangkasan diduga tak minta izin terlebih dahulu.

Ketika dikonfirmasi apakah sudah minta izin kepada pemilik tanaman dan siapa yang memimpin kegiatan dan memberi perintah, para oknum petugas Tim Pangkas seakan kebingungan untuk memberikan jawaban.

“(Memotong) yang deket-deket (jaringan) belum izin, belum izin. Belum ada yang merintah, belum dikerjain, (memotong) yang deket jaringan aja”. Kata 2 orang oknum petugas Tim Pangkas.

Ketika dikonfirmasi, Rafzi Kepala PT. PLN (Persero) Rayon Sukadana mengatakan pemotongan atau pemangkasan tanaman tersebut adalah kegiatan rutin yang dilakukan untuk menjaga kehandalan jaringan.

“Untuk kegiatan pemangkasan pohon memang kegiatan rutin setiap yang kita lakukan untuk menjaga kehandalan jaringan kita, terutama pohon yang sudah mendengkati jaringan kita”. Kata Kepala PT. PLN Rayon Sukadana Selasa, 5 November 2019.

Petugas yang melakukan pekerjaan pemangkasan dilapangan diwajibkan untuk meminta izin terlebih dahulu kepada pemilik tanaman.

“Jika pohon tersebut punya masyarakat, petugas dilapangan wajib meminta izin untuk memangkas dahan pohon yang mendekati jaringan kita”. Tegas Romzi.

Pihaknya akan melakukan konfirmasi terhadap petugas maupun koordinator kegiatan yang diduga memotong tanaman tanpa minta izin lebih dahulu.

“Mungkin besok saya akan konfirmasi kepada petugas dan terutama koordinatornya, setiap regu ada komandan regu (danru) terkait pemangkasan di Desa Taman Endah Kecamatan Purbolinggo. Informasi ini juga sebagai bahan evaluasi kepada petugas-petugas kita”. Jelas Kepala PT. PLN Rayon Sukadana.

Setelah dikonfirmasi, baru kemudian petugas Tim Pangkas (Row) Yantek meminta izin kepada pemilik tanaman.

“Sudah minta izin sama pak Sidik (Sitit panggilan Supardi Dinata)”. Kata seorang petugas Tim Pangkas.-

You might also like

error: Content is protected !!