Mobile JKN untuk Era Revolusi Industri 4.0

Rilis : BPJS Kesehatan Metro


 

metrodeadline.com – Perkembangan arus globalisasi mengakibatkan adanya tuntutan untuk terus meningkatkan inovasi dalam rangka memenuhi segala kebutuhan yang berbasis teknologi. Saat ini revolusi industri 4.0 merupakan era yang menekankan pada pola digital economy, artificial intelligence, big data, robotic, dan lain sebagainya. Menghadapi tantangan tersebut, BPJS Kesehatan dituntut untuk mampu memenuhi segala kebutuhan peserta terkait program JKN-KIS.
Mobile JKN, adalah salah satu aplikasi andalan berbasis android yang mampu memenuhi segala kebutuhan peserta dalam mengakses beragam informasi terkait program JKN-KIS secara cepat dan mudah, dimanapun dan kapanpun.
Salah satu peserta yang rutin menggunakan aplikasi Mobile JKN adalah Bapak Mardono, beliau merupakan HRD Great Giant Foods. Sebagai informasi, Great Giant Foods merupakan sebuah perusahaan Agro Industri yang bergerak dalam Bidang Perkebunan dan Pengalengan Nanas, perusahan tersebut berlokasi di Lampung tepatnya Kabupaten Lampung Tengah dan Kabupaten Lampung Timur. Great Giant Foods menjadi perusahaan penghasil nanas kalengan terbesar ketiga di dunia dengan lebih dari 33 negara tujuan export, selain nanas, Great Giant Foods juga memasarkan tiga jenis buah lainnya, yaitu pisang cavendish, jambu biji, dan nanas honi.
Saat ditemui oleh tim jamkesnews di sela-sela kesibukannya, Bapak Mardono menjelaskan bahwa aplikasi ini sangat memudahkan bagi karyawan yang kesulitan mengakses informasi terutama terkait informasi fasilitas kesehatan, “Yang paling dirasakan manfaatnya adalah adanya fitur kartu KIS digital, dahulu sebelum ada aplikasi Mobile JKN, saya harus menghubungi Kantor BPJS Kesehatan untuk dicetak kartunya, namun sering terkendala jarak yang jauh dari tempat kami bekerja” ujar Bapak Mardono.
Selain informasi fasilitas kesehatan dan kartu KIS digital, terdapat fitur lainya yang dapat dirasakan manfaatnya diantaranya adalah informasi kepesertaan, informasi fasilitas kesehatan, tagihan iuran peserta, riwayat pelayanan, penilaian pelayanan fasilitas kesehatan sampai kemudahan memperbarui data alamat domisili, perpindahan lokasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), perubahan alamat email serta nomor handphone yang dapat diakses langsung oleh peserta. Peserta juga bisa menyampaikan pertanyaan atau pengaduan melalui Aplikasi Mobile JKN yang akan direspon maksimal 5 hari.
Pada akhir wawancara, Grat Giant Food sberkomitmen untuk menyosialisasikan dan mendorong seluruh pekerjanya untuk menggunakan Aplikasi Mobile JKN, “kami berharap aplikasi Mobile JKN dapat terus ditingkatkan dan ditambah fiturnya agar manfaatnya dapat dirasakan lebih maksimal”. Tutup Mardono (be)

You might also like

error: Content is protected !!