Anjuran I Komang Koheri Tentang Pemakaian Pupuk Kandang, Secara Tegas Petani Lamteng Mendukung

Kakam Totokaton, Kecamatan Punggur, Subagio

LAMPUNG TENGAH – Anjuran DPR RI terpilih I Komang Koheri, S.E, kepada para petani memakai pupuk organik atau yang sering disebut pupuk kandang. Langsung dibenarkan oleh masyarakat di Lampung Tengah (Lamteng), Selasa (30/7).

Dimana analisis yang dinyatakan oleh I Komang Koheri benar adanya. Sebagian petani yang memakai pupuk kandang dapat menghasilkan panen yang memuaskan, disaat banyak yang gagal panen.

Diberitakan sebelumnya I Komang Koheri memberikan pernyataan bahwa Dinas Pertanian selaku Dinas terkait harus melakukan penelitian terkait pupuk dan bibit yang diberikan kepada petani.

Pernyataan itu bukan tanpa alasan, sebab I Komang Koheri memiliki lahan seluas 3/4 hektar yang mendapatkan hasil memuaskan dengan memakai pupuk kandang.

“Saya tinggal di Kampung Rama Dewa, Kecamatan Seputihraman, Lampung Tengah (Lamteng). Saya memiliki lahan tanaman padi seluas 3/4 yang mana hasilnya memuaskan dengan memakai pupuk kandang tersebut,” ujar I Komang Koheri

I Komang Koheri mengatakan daerah tempat dia tinggal Kampung Rama Dewa hampir secara keseluruhan mengalami gagal panen. Adapun yang tidak gagal, disebabkan karena mereka tidak kebagian pupuk yang diberikan oleh pemerintah.

“Saya rasa pemerintah harus turun ke lapangan untuk mengadakan penelitian terkait pupuk yang diberikan. Karena menurut saya, petani ini gagal panen karena pembibitannya serta pupuk yang diberikan,” ujar I Komang Koheri.

Masih dikatakannya, pemerintah bisa melakukan pengecekan atas saran yang dia berikan. Sebab, kenyataan yang ada petani yang memakai pupuk dari pemerintah rata rata mengalami gagal panen dan yang tidak mendapatkan atau memakai pupuk kandang malah hasilnya luar biasa.

“Harapan saya atau saya menegaskan bahwa kalau tidak segera dilakukan penelitian sepanjang tahun ini, maka petani akan merugi,” ujarnya.

Sementara itu, Kakam Totokaton, Kecamatan Punggur, Subagio membenarkan apa yang diungkapkan oleh I Komang Koheri tentang perbedaan memakai pupuk kandang dan pupuk yang tersebar di petani Lamteng.

“Apa yang dikatakan oleh Pak I Komang Koheri itu benar. Saya rasa Dinas Pertanian selaku Dinas yang menangani permasalahan ini harus melakukan penelitian. Agar musim tanam berikutnya para petani tidak gagal panen lagi,” katanya. (red)

You might also like

error: Content is protected !!