Rehabilitasi Ruas Badan Jalan Rusak Sumber Murni Dana Swadaya

LAMPUNG TIMUR – Masyarakat warga Dusun Pukem Desa Mataram Marga Kecamatan Sukadana Minggu, 21/07 mengadakan kegiatan gotong – royong memperbaiki ruas badan jalan utama penghubung antara Kecamatan Bumi Agung – Kecamatan Sekampung sepanjang 6 kilometer.

Dana untuk biaya kegiatan rehabilitasi tersebut merupakan murni swadaya masyarakat setempat dan sekitar tanpa mengandalkan bantuan dana sumber anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Pemerintah Daerah Propinsi Lampung maupun Pemerintah Daerah Lampung Timur.

Semula, pengelolaan ruas badan jalan tersebut merupakan kewenangan Pemerintah Daerah Propinsi Lampung namun kini beralih ke Pemerintah Daerah Lampung Timur namun tetap saja luput dari perhatian.

“Sudah sekian tahun bahkan sepuluhan tahun lebih tidak diperbaiki oleh Pemerintah Daerah, sedangkan ini jalan penghubung ke Kecamatan Sekampung dan Batanghari. Kalau tadinya memang jalan Propinsi Lampung tapi sekarang sudah di over alih ke Pemda Lampung Timur”. Ungkap Kepala Desa Mataram Marga, Yus Valiant, SE Minggu, 21/7 pukul 13.46 WIB ketika dihubungi melalui handphone.

Pihaknya pernah mengajukan usulan saat diadakan musyawarah rencana pembangunan desa (musrenbangdes) disertai proposal akan tetapi tidak terealisasi.

“Selaku Kepala Desa Mataram Marga yang baru sewaktu musrenbangdes pernah saya bahas tahun lalu. Kemudian dianjurkan oleh Sekda mengajukan proposal untuk perbaikan. Proposal saya itu diindahkan oleh Dinas PU, sudah nyata mau dibangun tiba – tiba hasil musrenbangdes di Desa Putra Aji I, itu tidak ada, dengar informasi digeser oleh Bupati Lampung Timur Nunik, untuk kebenaran kita nggak tau pasti, yang pasti kita pernah mengajukan masalah perbaikan jalan ini”. Jelasnya.

Selain ruas badan jalan yang rusak berat,
masyarakat setempat juga mengeluhkan kinerja para tenaga kependidikan salah satu Sekolah Dasar Negeri Mataram Marga yang berlokasi di Dusun Pukem terindikasi tidak aktif baik pada saat upacara maupun melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM).

“Masyarakat Dusun Pukem merasa kecewa sebab jalan rusak tidak pernah diperhatikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur. Ada masukan dari masyarakat bahwa Kepala SDN Pukem Mataram Marga setiap hari Senin tidak aktif masuk tidak pernah upacara, guru kelas 4 dan kelas 5 tidak aktif mengajar tolong dikonfirmasi juga, besok saya mau menghadap Bupati Lampung Timur melaporkan masalah ini”. Paparnya.

Turut serta dalam kegiatan gotong – royong tersebut, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Timur Daerah Pemilhan (Dapil) I dari Partai Golongan Karya (Golkar), Ariyan Putra Marga, SE.

“Kami bersama masyarakat Dusun Pukem Desa Mataram Marga dan Kepala Desanya melakukan gotong – royong penambalan jalan raya penghubung antara Kecamatan menuju Kabupaten Lampung Timur”. Kata Ariyan Putra Marga,SE Minggu, 21/7 pukul 14.00 WIB melalui aplikasi WhatssApp.

“Jalan ini sudah sangat lama tidak ada perbaikan, sehingga sudah seringkali terjadi kecelakaan dan juga tindak kriminalitas”. Imbuhnya.

Bahan material batu basal dan tanah serta alat berat yang digunakan untuk memperbaiki ruas badan jalan yang rusak diperoleh bantuan dari PT. Bumi Agung Quarindo.

“Perbaikan jalan ini juga disupport oleh pihak PT. Bumi Agung Quarindo dengan memberikan sumbangan material batu dan tanah serta alat berat untuk bahan penimbunan jalan, semoga bisa menjadi perhatian Pemerintah Daerah”. Harap Ariyan.

Laporan : Ropian Kunang.

You might also like

error: Content is protected !!