KPPS Metro Utara Resmi Dilantik

METRO UTARA – Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dari 74 TPS se-Metro Utara dilantik dan diberikan bimbingan teknis terkait teknis pemungutan dan penghitungan suara untuk Pemilu 2019, Rabu (3/4/2019).

Kegiatan ini dipusatkan di Aula Kecamatan Metro utara, dengan menghadirkan ketua dan anggota KPPS dari empat kelurahan yakni Karangrejo, Banjarsari, Purwosari, dan Purwoasri. Pelantikan dilakukan oleh PPS masing masing kelurahan skaligus dilakukan pembagian Surat Keputusan (SK) Tugas bagi KPPS.

Drs. Haryono selaku ketua PPK Metro Utara dalam pembukaan kegiatan ini mengatakan bahwa ada sejumlah aturan main yang baru dalam Pemilu 2019, terlebih pemilih tidak hanya memilih satu surat suara melainkan lima surat suara, baik Presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD Lampung, DPRD Provinsi dan DPRD Kota, oleh karenanya diharapkan KPPS benar benar menguasai teknis dan PKPU yang telah diterjemahkan dalam buku panduan yang dipegang masing masing KPPS.

Pada sesi materi bimbingan teknis, Pokja Tungsura PPK Metro Utara yakni Rudion,M.Pd.I menjadi narasumber yang menerangkan secara jelas terkait proses pemungutan suara sekaligus penghitungan suara. “Saya menekankan betul, kepada KPPS untuk bekerja sesuai buku panduan yang menjadi pegangan KPPS, dan selalu berkoordinasi dengan PPS masing masing kelurahan terkait kendala atau hal yang belum jelas” Pungkasnya di akhir acara.

Dalam sesi tanya jawab, didapati banyak anggota KPPS yang menanyakan terkait perbedaan pemilih DPTb, DPK dan DPT.
Selanjutnya PPS masing masing kelurahan memberikan bimtek pendalaman dengan roadshow di masing masing TPS paska pelantikan tersebut untuk memastikan sosialisasi terkait pemungutan dan penghitungan suara dapat difahami oleh KPPS yang menjadi ujung tombak suksesnya Pemilu 2019.

Kelurahan Banjarsari menjadi area paling luas dengan 27 TPS, sedangkan kelurahan Karangrejo 23 TPS, Kemudian Kelurahan Purwosari 13 TPS dan wilayah paling kecil adalah kelurahan Purwoasri 11 TPS. Koordinasi dari seluruh pihak terus dilakukan untuk suksesnya Pemilu 2019 yang damai dan tertib di Kecamatan Metro Utara. (*)

Penulis : Abidin

You might also like

error: Content is protected !!