UMKM Tembus Pasar Global Lewat Online Marketing

foto net ilustrasi

 

METRODEADLINE.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melalui Dinas Koprasi, Usaha Mikro Kecil Usaha Menengah dan Perindustrian Kota Metro mengelar pelatihan manajemen dan pemasaran online. Kegiatatan workshop selama  12-14 Maret 2019 diisi pemateri Gatot Subroto, di gedung Hotel Famille Kota Metro.

Kepala Dinas Koprasi UMK, Usaha Menengah dan Perindustrian Kota Metro Misnan, S.Sos melalui Kepala Bidang UMKM Drs.Herijon mengatakan bahwa kegiatan ini dikuti peserta sebanyak 25 orang. Tujuan pelatihan ini untuk pengembangan jejaring usaha dan pemasaran produk antara lain dilakukan melalui sistem teknologi informasi, pemeran dan promosi yang merupakan langkah strategis untuk meningkatkan citra produk UMK Kota Metro.

“Jadi yang tidak kalah penting adalah semangat para pelaku UMK untuk terus meningkatkan kreatifitas dan inovasinya, serta tidak lupa mempatnerkan produknya agar mampu dan bersaing pasar global. Dengan demikan UMK akan terus berkembang dan berdayaguna sebagai motor penggerak perekonomian Kota Metro,”ungkapnya.

Selan itu, kata dia produk UMK hendaknyadikembangkan dengan melaksanakan 3K, yaitu meningkatkan kualitas produk agar mampu bersaing dengan produk lainya,  menjaga kuantitas dan kontinutas produksi supaya permintaan konsumen dapat terpenuhi secara kesinambungan.

Kabid UMKM Kota Metro Drs. Herijon.                               

“Ya tentu salah satu konsep perencanaan usaha ekonomi pembangunan di Kota Metro yang mengupayakan pembangunan pada sektor ekonomi kerakyatan,”ujarnya.

 

Sementara itu, Gatot Subroto pemateri dari Metro Resources meyampaikan materi yang disampaiakan kepada peserta mencakup pembukaan dan dasar online marketing, membuat konten online marketing (gambar/vedio).

Kemudian peserta juga diajarkan whatsApp marketing, facebook marketing, yotube marketing, dan gogle bussinis.

“Jadi produk  UMKM mereka (Peserta Red) bisa dipromosikan lewat media sosial. Sehingga usai pelatihan ini  kita berharap produk mereka bisa tembus pasar global lewat online marketing, ya minimal go Nasional, dan syukur-syukur bisa go Internasional,”pungkasnya. (*)

Penulis/ Foto : Freddy Kurniawan Sandi

 

You might also like

error: Content is protected !!