Sehat Itu Mahal ?

 

“Milad ke-11, PKBM Al Suroya Metro Gelar Mural ART Competition”

Puluhan peserta antusias mengikuti lomba Mural ART Competition “Sehat Itu Mahal” PKBM Al Suroya Kota Metro Lampung. Kegiatan tersebut dibuka Sekertaris Camat Metro Timur Ferry Handono, S.Ip didampingi Direktur PKMB Al Suroyo Metro Much. Muchlis, M.Pd, di gedung PKBM setempat, Minggu (17/2/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Ferry mewakili Camat Metro Timur mengucapkan Milad ke-11 Tahun PKBM Al Suroya Kota Metro. Menurutnya keberadaan PKBM sangat tepat untuk mendukung program pemerintah mengentaskan masalah sosial dibidang pendidikan non formal.

“Saya berharap kedepan PKBM Al Suroya tetap eksis dengan program-programnya sesuai kebutuhan masyarakat, dan mampu berkomitmen mewujudkan sumberdaya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing. Mengingat PKBM juga sebagai pusat belajar masyarakat yang putus sekolah ditengah jalan, dan melalui pendidikan program kesetaraan Paket B, Paket C mereka bisa mendapatkan ijazah yang mana bisa digunakan sesuai kebutuhan,”ungkap Fery disela-sela kegiatan.

Metro itu, kata Fery pelangi masyarakatnya memiliki segudang kreatifitas, inovasi, dan kreatif  untuk mewujudkan Kota Metro sebagai Kota Pendidikan dan Wisata Keluarga Berbasis Ekonomi Kerakyatan Berlandasan Pembangunan Partisipatif.

“Yang jelas kita apresiasi kepada PKBM Al Suroya, dan  masyarakat Iringmulyo atas terlaksananya Murat ART Competition ini. Jadi ini menggambarkan sinergitas yang terjalin dari warga Iringmulyo yang bekerjasama dengan lembaga PKBM, semoga kegiatan ini memberikan dampak positif serta menjadi wadah seniman-seniman muda untuk kreatifitas melukis dan mengambar di tembok sebagai pesan bermanfaat ajakan untuk hidup sehat seperti pada tema  Mural ART Competition,”ujarnya.

Sementara itu, Direktur PKBM Al Suroya Kota Metro  M. Muchlis mengatakan bahwa lomba Mural ART Competition ini tahap pertama kegiatan dalam rangka Milad ke-11 PKBM Al Suroya Metro, dan masih banyak serangkaian kegiatan nantinya.

“Saya pribadi dan lembaga PKBM yang saya pimpin mewakili pamong RT, RW Khususnya di wilayah Jalan Selagai Gang Parto Kelurahan Iringmulyo, Kecamatan Metro Timur mengucapkan trimakasih kepada soponsor, donatur yang telah mensuport mensukseskan kegiatan ini,”ucapnya.

Pria yang akrab disapa Cak Muchlis ini meyakini akan terus komitmen memperbaiki managemen PKBM sebagai rumah kedua, bagi masyarakat untuk menimba ilmu yang sebelumnya putus sekolah di sebabkan banyak fator.

“Kita welcome dan sangat terbuka, bagi siapa saja yang ingin belajar di PKBM akan kita bantu. Kita sudah meluluskan ribuan warga belajar paket kesetaraan B, dan C. Jadi tidak ada kata terlambah belajar di PKBM, kita juga tidak pernah membeda-bedakan antara warga belajar dengan tutor. Oleh karna itu, saya berharap kedepan bisa terjalin sinergitas yang baik antar semua pihak untuk bahu membahu mewujudkan pendidikan non formal, dalam hal ini PKBM sebagai garda terdepan menjebatani warga belajar mencari ilmu untuk bekal keberlangsungan hidup bermasyarakat,”paparnya.

Sementara Ketua Pelaksana Solikhul Hadi, S,PD meyatakan dalam lomba ini diikuti 11 tim katgori pelajar terdiri dari pelajar SMP, MTs SMA/SMK,MA dengan objek dinding 210×250 meter persegi, dan 11 tim katagori umum dikuti mahsiswa, komunitas, dan masyarakat dengan objek dinding 270×230 meter persegi.

“Jadi ada ketentuan khususnya, peserta harus hadir 30 menit sebelum kegiatan di mulai, desain mural bersifat dua dimensi, desain gambar yang dibuat harus sesuai dengan tema. Catatan gambar tidak boleh mengandung SARA, Pornografi, melanggar norma yang berlaku, dan plagiat makaakan dinyatakn gugur. Waktu pengerjaan tidak boleh melebihi waktu yang telah ditentukan panitia 5 jam, bila melebihi waktu akan ada  pengurangan nilai,”paparnya.

Solikhul menambahkan kriteria penilian mencakup kesesuaian gambar dengan tema, kreatifitas, keaslian karya, komposisi dan perpaduan warna. “Bagi juara untuk katagori pelajar Juara I piagam-piala dan uang tunai Rp.700.000, Juara II piala-piagam dan uang tunai Rp. 500.000, dan juara III piala-piagam dan uang tunai Rp.300.000. Sedangkan untuk katagori umum juara I piala-piagam dan uang tunai Rp.1.000.000, Juara II piala-piagam dan uang tunai Rp.700.000, dan juara III piala-piagam dan uang tunai Rp.500.000,”pungkasnya. (adv)

Sumber : PKBM Al Suroya Metro

Penulis/Foto : Freddy

You might also like

error: Content is protected !!