Pemkot Gelar HGN Ke-59 di TK Pertiwi Metro

         

Foto ilustrasi

                      

METRO – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melalui Dinas Kesehatan Kota Metro menge3lar peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke-59 Tahun 2019. Kegiatan tersebut dibuka langsung Walikota Metro Hi. Achmad Pairin, S.Sos di halaman TK Pertiwi Kota Metro, Jumat (1/2/2019).

 

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Metro A. Pairin mengatakan bahwa pembangunan kesehatan dengan investasi utama pembangunan sumber daya manusia Indonesia akan memberikan manfaat jangka panjang dan berkelanjutan.

“Jadi salah satu komponen terpenting dalam pembangunan kesehatan adalah terpenuhinya kebutuhan gizi masyarakat terutama pada periode 1000 HPK. Periode kehamilan hingga anak berusia 2 tahun merupakan kesempatan emas dalam mencetak generasi berkualitas bebas stunting dan masalah gizi lainnya. Intervensi pada periode ini tidak boleh diabaikan, karena menjadi penentu tingkat pertumbuhan fisik, kecerdasan dan produktivitas seseorang,”ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Pairin stunting dan masalah gizi lainnya merupakan ancaman besar bagi negara, karena akan berdampak pada menurunnya kualitas sumberdaya manusia ke depannya. Upaya bersama berbagai pemangku kepentingan perlu terus dilakukan sesuai peran dan fungsinya masing – masing dengan mengutamakan komitmen, kampanye, konvergensi program, akses pangan bergizi dan monitoring program.

Oleh karna itu, upaya tersebut perlu bersinergi dengan sistem pangan global, melalui penerapan pola gizi seimbang untuk mencapai ketahanan pangan dan gizi, kesehatan, pembangunan pertanian dan lingkungan secara terpadu.

Tema Hari Gizi Nasional adalah “ Membangun Gizi Menuju Bangsa Sehat Berprestasi “ dan pada peringatan tahun 2019 ini mengangkat sub tema “ Keluarga Sadar Gizi , Indonesia Sehat dan Produktif”.

“Kiranya dengan peringatan Hari Gizi Nasional ke – 59 tahun 2019 dapat meningkatkan komitmen dan mempererat kolaborasi kita semua untuk bekerja sama membangun gizi dalam upaya mencegah stunting demi bangsa Indonesia  yang sehat dan berkualitas,”pungkasnya. (Adv)

 

You might also like

error: Content is protected !!