Kelas Maya, Ruang Belajar dan Konsultasi Kapanpun dan Dimanapun

Ari Sulistiyawati, S.Si., S.Kom., M.Pd. Guru SMAN 2 Gedongtataan, e-mail ariukasah97@gmail.com

Kelas Maya merupakan penerapan proses pembelajaran yang dilaksanakan dalam jaringan (online) tanpa tatap muka langsung tetapi peserta didik dapat menerima materi dan berkomunikasi melalui forum diskusi yang disediakan oleh gurunya. Salah satu website yang menyediakan ruang belajar jarak jauh ini adalah Rumah Belajar milik Kementrian pendidikan dan kebudayaan (Kemdikbud) melalui pengelolaan Pustekkom. Portal Rumah Belajar menyediakan konten-konten multimedia pembelajaran sebagai sumber belajar dan fasilitas fitur Kelas Maya.

Kelas Maya di Rumah Belajar dikembangkan khusus untuk memfasilitasi terjadinya pembelajaran jarak jauh secara online antara peserta didik dan guru kapan saja, di mana saja. Model pembelajaran kelas maya ini dirancang sebagai pelengkap kegiatan pembelajaran di kelas yang memungkinkan tetap terjadinya komunikasi dan pembelajaran di luar kelas. Tuntutan pendidikan seperti kebutuhan akan kurikulum yang berbasis kompetensi, belajar terbuka, pembelajaran jarak jauh dan belajar secara luwes, mendorong dimanfaatkannya TIK sebagai media penyampaian sumber belajar secara luas.

Implementasi pemanfaatan TIK dalam pembelajaran Kelas Maya melibatkan pihak sekolah sebagai penyelenggara. Dengan menggunakan TIK, guru dan peserta didik hendaknya bekerja sama dalam belajar, berdiskusi, berbagi informasi, dan menemukan pengetahuan. Sejalan dengan tugas guru dalam pembelajaran, Guru sebagai pengelola kelas maya berperan mengatur, merencanakan, dan melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran melalui Kelas Maya.

Pemanfaatan Kelas Maya sebagai ruang belajar oleh guru sebagai pelengkap pelaksanaan pembelajaran. Guru dapat mengelola kelas maya sebagai program pembelajaran, remedial dan pengayaan sesuai kebutuhan dan kemampuan belajar siswa. Pembelajaran dapat dilakukan dengan mengganti pembelajaran tatap muka yang tidak dapat dilakukan di kelas untuk materi yang belum tersampaikan di kelas melalui kelas maya. Program Remedial untuk membantu ketercapaian ketuntasan belajar (pencapaian KKM). Program pengayaan diberikan dengan menambahkan kedalaman materi atau perluasan wawasan terkait materi pembelajaran. Keluwesan waktu belajar kapanpun dan dimanapun memudahkan peserta didik untuk belajar dan mencapai tujuan pembelajarannya.

Sebagai peserta Kelas Maya, peserta didik dapat mengunduh materi pelajaran dan mempelajarinya, mengerjakan dan mengunggah tugas, melakukan diskusi dengan Topik yang diberikan guru, mengikuti ujian dan melihat pengumuman atas hasil belajarnya. Keterbatasan komunikasi peserta didik di kelas dapat diatasi melalui forum diskusi. Selain itu, pertanyaan atau ketidakpahaman peserta didik dalam pembelajaran di kelas dapat dilanjutkan dalam bentuk konsultasi dalam forum diskusi. Hal ini juga dimaksudkan untuk menggali kemampuan siswa dalam bentuk komunikasi tertulis.

Saatnya kita merubah paradigma pembelajaran yang berpusat pada guru sebagai sumber belajar, menjadi berfokus pada peserta didik. Guru sebagai fasilitator memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menggunakan teknologi komputer dan melatih keterampilan berpikir kritis dalam memecahkan masalah melalui kolaborasi dan komunikasi. Dengan demikian, Kelas Maya yang disediakan dalam portal Rumah belajar dapat dijadikan sebagai Ruang Belajar jarak jauh dan forum Konsultasi kapanpun dan dimanapun untuk mengatasi keragaman kemampuan belajar siswa. (*)

 

You might also like

error: Content is protected !!