Metro Diguyur Hujan, BPBD Siapkan Antisipasi

Kota Metro diguyur hujan, sejumlah pengendara R2 terlihat menggunakan mantel di jalan A.Yani Kota Merto. Foto / Ferdy

 

Metrodeadline.com, – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Giofisika (BMKG) Lampung memperkirakan hingga merilis update peringatan dini cuaca, yang masih berpotensi terjadinya hujan lebat disertai kliat petir dan angin kencang. Itu menyusul hingga hari ini sejumlah wilayah di Provinsi Lampung diguyur hujan lebat hingga sedang.

Sementara di wilayah Kota Metro sendiri sejak malam hingga pagi pukul  09.30 WIB, 23 Juni 2018 masih diguyur hujan meskipun intensitas sedang dan masih di selimuti awan tebal.

Menggapi hal tersebut, Kepala Pelaksana Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kris Endarto menyatakan bahwa, pihaknya berserta tim kesiap siagaan BPBD tengah mewaspadai bila terjadinya hujan lebat. Menutut dia, untuk kemungkinan semacam terjadinya angin putting beliung di Kota Metro tidak ada seperti diramal BMKG, hanya potensi hujan lebat saja.

“Info terupdate yang saya dapat dari BMKG Lampung . Bulan Juni  ini sebenarnya sudah masuk musim kemarau, kita malah sudah menghimbau kepada masyarakat untuk penyediaan air besih. BPBD sudah siapkan sumur bor untuk drop suplay  air bersih bila mana diperlukan. Akan tetapi ternyata kok ramal-ramalan  berikutnya ada hujan susulan, “ujarnya saat dikonfirmasi melalui via telephone, Sabtu (23/6/2018).

Melihat cuaca tidak bersahabat ini, Kris menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada, baik beraktifitas dirumah maupun diluar saat berkendara.

“Iya tentu itu , akan kita waspadai puluhan titik jalan, pemukiman, hingga kterjadinya meluap talut anak sungai yang belum lama ini terendam banjir,”jelasnya.

Disinggung soal proyek perbaikan talut hingga normalisasi anak sungai yang dibangun oleh Pemerintah.  Apakah bisa menggulangi atau mengurangi terjadinya luapan debit air ?  Kris mengaku bila melihat  curah air hujan yang tinggi  dirasa belum maksimal, namun pihaknya tetap akan berupaya setiap tahunnya dilakukan perbaikan hingga normalisasi.

Sementara dilansir dari infocuaca BMKG Lampung.  Update Peringatan Dini Cuaca Lampung Tanggal 23 Juni 2018 pukul 06.30 WIB. Masih Berpotensi terjadi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul 06.50 WIB di wilayah Sebagian besar (Lamtim, Metro, LAmteng, Balam, Lampura), Lamsel(Tanjung Bintang, Jati Agung, NAtar, Merbau MAtaram), Pesawaran(Tegineneng, Way Lima, G.Tataan, N.KAton, Punduh Pidada),Pringsewu(Banyumas, PAgelaran, Pardasuka, GAding Rejo, Pringsewu), Tanggamus(Kelumbayan BArat,Kota Agung BArat,Wonosobo, Ngarip, Ulu Belu, Air NAningan, Pematang Sawa), Pesibar(Pesibar bagian Selatan), Way KAnan (Banjit, BAradatu, Gunung LAbuhan, Rebang TAngkas), Tuba(Rawa Jitu Timur, Gedung Aji, Menggala, Dente Teladas, Gedung MEneng), Tubabar(Daya MUrni, Tulang BAwang Udik),Mesuji (Tanjung MAs MAksmur, Mesuji, Mesuji Timur) . Kondisi ini diperkirakan akan berlangsung hingga pukul 09.00 WIB. Prakirawan – BMKG Lampung. (*)  

You might also like

error: Content is protected !!