Melalui Rekredensialing, BPJS Kesehatan Dorong FKTP Tingkatkan Mutu Pelayanan

Untuk memastikan pelayanan yang diberikan oleh seluruh fasilitas kesehatan pada peserta JKN-KIS berjalan dengan baik, BPJS Kesehatan Cabang Metro melakukan rekredensialing terhadap fasilitas kesehatan yang telah bekerja sama. Pada kesempatan kali ini, rekredensialing dilakukan ke Puskesmas Sritejo Kencono, Selasa (15/09).

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Metro, Budi Santoso mengungkapkan bahwa untuk menjalin keja sama dengan fasilitas kesehatan, BPJS Kesehatan harus mempertimbangkan beberapa aspek, seperti aksesibilitas, kecukupan antara jumlah fasilitas kesehatan dengan jumlah peserta yang harus dilayani, kapasitas faskes, serta jumlah penduduk di wilayah tersebut.

“BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan terbaik untuk peserta JKN-KIS. Maka dari itu, proses kredensialing dan rekredensialing harus dilakukan untuk memastikan proses pemberian layanan kepada peserta tidak terhambat,” tutur Budi.

Budi menjelaskan bahwa seluruh aspek yang menjadi perhatian tersebut termasuk ke dalam penilaian BPJS Kesehatan, apakah fasilitas kesehatan dapat bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dan apakah dengan fasilitas yang telah tersedia bisa menjadikan fasilitas kesehatan tersebut dapat melanjutkan kerja samanya dengan BPJS Kesehatan.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Sritejo Kencono Eka Murniasih yang mengikuti penilaian tersebut mengaku penilaian ini dirasa sangat penting. Menurutnya, rekredensialing tersebut merupakan penilaian yang meliputi tenaga medis, administrasi dan tujuannya yang jelas untuk peningkatan kualitas pelayanan kesehatan kepada pasien nantinya.

“Kami sangat mendukung, karena ini sangat penting untuk peningkatan kualitas pelayanan, dan manfaat dari rekredensialing ini nanti dapat untuk meningkatkan sarana dan prasarana sehingga dapat mununjang pelayanan,” tutup Eka

You might also like

error: Content is protected !!