Pastikan Pelayanan, BPJS Kesehatan Metro Lakukan Rekredensialing Ke RSUD Sukadana

metrodeadline.com, – Untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan menjalin kerja sama dengan berbagai fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan. Dalam menetapkan pilihan fasilitas kesehatan tersebut, BPJS Kesehatan melakukan seleksi dan kredensialing dengan menggunakan kriteria tertentu.

Tidak hanya pada proses awal, pada saat perpanjangan kerja sama pun BPJS Kesehatan melakukan rekredensialing untuk memastikan kembali kualitas faskes yang akan memberikan pelayanan kepada peserta JKN-KIS.

Pps. Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Metro Husin Ali, mengatakan bahwa Kredensialing dan rekredensialing adalah suatu proses penilaian Faslitias Kesehatan untuk memenuhi standar pelayanan prima yang telah ditetapkan. Penilaian ini dilakukan oleh BPJS Kesehatan dengan menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten dan perwakilan asosiasi fasilitas kesehatan dan organisasi profesi.

“Dalam bekerja sama dengan fasilitas kesehatan, BPJS Kesehatan harus mempertimbangkan aksesibilitas, kecukupan antara jumlah fasilitas kesehatan dengan jumlah peserta yang harus dilayani, kapasitas Faskes, serta jumlah penduduk diwilayah tersebut,” jelas Husin Ali, Senin (23/11).

Pada kesempatan kali ini, rekredensialing dilakukan langsung ke RSUD Sukadana Kabupaten Lampung Timur. Husin Ali mengungkapkan bahwa pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi peserta JKN-KIS.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Timur Ratna Dewi. Ratna menyampaikan himbuan kepada pihak rumah sakit untuk memenuhi instrumen yang menjadi indikator penilaian untuk Faskes, termasuk dalam pemenuhan kerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Pada kesempatan yang sama, Direktur RSUD Sukadana Wayan Widyana, yang mengikuti penilaian tersebut mengaku penilaian ini dirasa sangat penting. Rekredensialing menurutnya merupakan penilaian yang meliputi tenaga medis, administrasi dan tujuannya yang jelas untuk peningkatan kualitas pelayanan kesehatan kepada pasien nantinya.

“Kami sangat mendukung, karena ini sangat penting untuk peningkatan kualitas pelayanan, dan manfaat dari rekredensialing ini nanti dapat untuk meningkatkan sarana dan prasarana di rumah sakit sehingga dapat mununjang pelayanan,” tutup Wayan. (FR/be)

You might also like

error: Content is protected !!