Di Hari Raya Galungan, Petani Hindu Bali Kampung Rama Dewa Keluhkan Gagal Panen

LAMPUNG TENGAH – Hari Raya Galungan para petani di Kampung Rama Dewa, Kecamatan Seputihraman, Lampung Tengah (Lamteng), Rabu (24/7), keluhkan gagal panen. Hal itu diungkapkan oleh beberapa petani saat menghadiri sembahyangan di Pura Puseh.

I Ketut Suwartamo mengatakan bahwa petani Kampung Rama Dewa secara keseluruhan mengalami gagal panen. Sehingga, bisa dipastikan petani di wilayah ini mengalami kerugian.

“Saya dan semua petani Kampung Rama Dewa ini mengalami kerugian yang sangat besar mas. Kami bingung mau mengadu ke siapa tentang keluhan kami ini,” ujarnya.


I Ketut Suartamo menjelaskan bahwa petani saat ini merasa terauma dengan hama yang menyerang tanaman padi. Dimana dirinya butuh solusi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamteng untuk menyelesaikan permasalahan gagal panen ini.

“Kami ingin Pemkab Lamteng Turun Tangan terkait masalah ini. Kami juga meminta kepada Dinas Pertanian dapat memberikan bantuan kepada kami, karena kami kehabisan modal untuk menanam kembali,” katanya.

Hal senada, diungkapkan oleh petani Kampung Rama Dewa I Made Eko, bahwa dirinya mengalami gagal panen. Dirinya juga ingin Pemkab Lamteng turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan dan memberikan bantuan.

“Gagal panen ini merupakan musibah besar bagi petani Kampung Rama Dewa. Kami memohon kepada Pemkab Lamteng dapat turun ke lapangan untuk memberikan bantuan serta solusi kepada petani. Dimana kami hampir secara keseluruhan memiliki beban hutang,” pungkasnya. (red)

You might also like

error: Content is protected !!