Siswa SMAN 3 Metro Juara 1 SEAKF Championship di Bangkok

Keterangan Foto : Ocniel Juandi Simarmata, foto bersama Kepala SMAN 3 Metro Ibnu, dan guru olaharaga. Foto/ Ist For Metrodeadline.com

 

METRODEADLINE.COM Ocniel Juandi Simarmata (15) siswa XI IPA5 Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Metro Lampung berhasil menyabet mendali emas pada kejuaraan Internasional South East Asia Karate Federation (SEAKF) Championship di Bangkok pada 12-14 April 2019.

Ocniel merupakan atlet yang tergabung ke dalam pelatihan nasional (Palatnas) Timnas, katagori “Karate Kata”. Itu setelah berhasil lolos dari seleksi nasional di Jakarta.

“Motivasi saya menjadi atlet karate ini adalah mengikuti jejak sang kakak perempuan, yang terlebih dahulu sukses menjadi atlet karate tingkat Nasional.  Saya suka karate karna melihat prestasi kakak. Kelak pasti saya bisa menjadi atlet karate profesional yang saya cita-citakan selama ini,”kata Ocniel, di Gedung SMAN 3 Metro, Jumat (17/5/2019).

Anak ke-4 dari pasangan Jadomu Simarmata dan  Konnaria Manik mengucapkan terimakasih kepada orangtua, saudara, teman-teman, pelatih, dan khususnya pihak sekolah yang memberikan doa serta suport kepada Ocniel bisa berada dititik saat ini.

“Jadi keberhasilan meraih mendali emas dilevel Internasional pada kejuaraan SEAKF Karate Champoinship 2019 di Bangkok, adalah buah hasil kerja keras selama ini. Prosesnya memang sangat panjang, mulai masuk mengeluti dunia atlet karate kumite Kata dari usia duduk dibangku Sekolah Dasar sampai sekarang. Berbagai kejuaraan ditingkat O2SN, tingkat Kota, Provinsi, dan Nasional sudah saya ikuti, termasuk kejuaraan Porprov, dan pada umumnya,”jelasnya.

Prestasi Ocniel :

  1. Juara III O2SN Karate Kata Perorangan Putra SMA Tingkat Nasional 2018
  2. Juara I Karate Pekan Olahraga Provinsi Lampung VII Tahun 2017
  3. ADM Community Karate Open, WEST JAVA Indonesia 2018
  4. Kejurnas Karate Piala Panglima TNI VI 2018
  5. Juara I Karate Kata Pereorangan Putra O2SN SMA Tingkat Prov. Lampung 2018
  6. Juara II Cadet Junior &U21 Karate Championship AKF XVIII di Malaysia 2019
  7. Juara 1 SEAKF Karate Championship di Bangkok

Lebih lanjut, kata Ocniel keberhasilanya memperoleh sejumlah mendali kejuaraan tidak akan membuat dirinya besar hati dan sombong. Dengan prestasi yang diraih saat ini justru akan menjadi motifasi bagi kawan-kawan untuk mengukir prestasi.

“Ya asalkan mau gigih dan berusaha pasti bisa mencapai prestasi yang diharapkan. Maka saya juga tidak berhenti sampai disini, saya akan terus berlatih dan menjada stamina kebugaran tubuh untuk meraih prestasi yang lebih tinggi.”tungkasnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 3 Metro Ibnu Budi Cahyana membenarkan hal tersebut. Ia mengaku Ocniel merupakan siswa berprestasi dibidang non akademik. Bahkan dibidang akademik pun masih imbang dengan kawan-kawan-nya.

“Pihak sekolah selalu mensuport bagi siswa berprestasi yang ingin mengikuti kejuaraan. Kita berikan dipensasi sesuai jadwal  tanggal bertanding, usai dispen ya harus kembali masuk sekolah. Dan alhmdulilah Ocniel ini tepat waktu. Ocniel ini masuk di SMAN 3 Metro dari jalur siswa berprestasi,”ungkapnya.

Jejak Ocniel ini, kata dia sudah tumbuh dari SD, bahkan saat SMP sudah mengantongi sejumlah mendali olimpiade karate. “Mudah-mudahan bisa memberikan motivasi siswa yang lain, untuk lebih berprestasi. Maju bersama hebat semua. Amin..Ya Robal Allamin,”ujarnya.(Adv)

 

Penulis/Foto : Fredy Kurniawan sandi

You might also like

error: Content is protected !!