Perluas Mitra Fasilitas Kesehatan, BPJS Kesehatan Metro Gelar Kredensialing

BPJS Kesehatan terus melakukan berbagai upaya untuk memastikan pemberian pelayanan bagi peserta JKN-KIS berjalan dengan optimal, salah satunya dengan kredensialing. Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Metro, Budi Santoso mengungkapkan BPJS Kesehatan harus mempertimbangkan beberapa aspek, diantaranya adalah aksesibilitas, kecukupan antara jumlah fasilitas kesehatan dengan jumlah peserta yang harus dilayani, kapasitas faskes, serta jumlah penduduk di wilayah tersebut.

“Tahapan kredensialing dilakukan untuk memastikan kondisi sarana dan prasarana di faskes dengan self assessment yang telah diisi sebelumnya oleh fasilitas kesehatan yang mengajukan kerja sama, serta memastikan komitmen pelayanan faskes tersebut apabila nantinya bekerjasama dengan BPJS Kesehatan,” tutur Budi saat melakukan kredensialing di Klinik DPP (Dokter Praktik Perorangan) yang berlokasi di Kabupaten Lampung Timur, Senin (22/11).

Budi menambahkan bahwa seluruh aspek yang menjadi perhatian tersebut termasuk ke dalam penilaian BPJS Kesehatan. Aspek tersebut mennetukan bagi fasilitas kesehatan, apakah fasilitas kesehatan dapat bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, dan apakah dengan fasilitas yang telah tersedia bisa menjadikan fasilitas kesehatan tersebut dapat melanjutkan kerja samanya dengan BPJS Kesehatan.

“Apabila ada faskes yang ingin menjalin kerja sama, mereka diwajibkan untuk menjalani tahap kredensialing. Ada beberapa kriteria yang wajib dipenuhi oleh faskes apabila ingin menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan. ini sebagai salah satu upaya BPJS Kesehatan dan faskes untuk memberikan pelayanan yang berkualitas dan bisa meningkatkan kepuasan bagi peserta saat mengakses layanan di faskes,” kata Budi.

Sementara itu, Pimpinan Klinik DPP, Devi Aria Luthfiana menyampaikan ucapan terima kasihnya atas kunjungan BPJS Kesehatan Cabang Metro yang telah bersedia melakukan kredensialing terhadap klinik yang ia pimpin. Menurutnya, kredensialing merupakan proses evaluasi faskes untuk dapat diikat dalam kerja sama berdasarkan aspek administrasi dan teknis pelayanan.

“Terima kasih kepada tim BPJS Kesehatan Cabang Metro yang telah berkunjung dan melakukan kredensialing terhadap klinik kami. Hasil dari Kredensialing hari ini akan menjadi evaluasi dan feedback bagi kami untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya peserta JKN-KIS. Semoga kerja sama antara BPJS Kesehatan dengan kami dapat terjalin, agar dapat memberikan pelayanan terbaik untuk Peserta JKN-KIS,” tutup Devi

You might also like

error: Content is protected !!