Deteksi Dini, Puskesmas Kotabumi I Mengadakan Posbindu Cerdik Jiwa PTM

Lampung Utara – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kotabumi I mengadakan kegiatan Cerdik Jiwa dan Pos Binaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular (PTM). Kegiatan berlangsung di Lingkungan IV Kelurahan Rejosari, Kecamatan Kotabumi. Senin (15/11).

Oktavia mengatakan bahwa Posbindu PTM merupakan kegiatan rutin dari pemerintah pusat yang mengajak peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor resiko PTM Utama. Secara periodik dilaksanakan setiap minggu di setiap kelurahan. “Tujuan Posbindu PTM adalah meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM,” Jelasnya.

Ia menambahkan deteksi dini yang dilakukan adalah dengan memeriksa riwayat penyakit keluarga, tensi darah, gula darah, pengukuran tinggi badan, berat badan, kejiwaan, penglihatan, pendengaran, dan lain-lain. “Jika ditemukan gejala pada masyarakat, maka akan diberikan rujukan ke puskesmas guna penanganan lebih lanjut sebagai upaya pendeteksian dini,” Papar Oktavia.

Devi menjelaskan kegiatan tersebut terkendala wabah pandemi, maka kegiatan screening terhambat, dengan target 3000 pasien, hingga saat ini baru berkumpul 80. “Kami berharap peran aktif masyarakat dan perangkat kelurahan serta kecamatan untuk mengedukasi sehingga kegiatan screening dapat berjalan dengan cepat dan tepat,” Pungkasnya. (inan/aw)

You might also like

error: Content is protected !!