Pemkot Metro Usulkan Raperda Pelestarian Cagar Budaya

Pemerintah Kota (Pemkot) Metro mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pelestarian cagar budaya kepada DPRD Kota Metro agar di sahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) di Bumi Sai Wawai.

Walikota Metro, Wahdi menyampaikan bahwa,  regulasi ini merupakan bentuk komitmen untuk mewujudkan Kota Metro yang berpendidikan, sehat, sejahtera dan berbudaya.

“Raperda ini sekaligus memperkuat kehadiran Perda Nomor 8 Tahun 2017 tentang Pemeliharaan dan Pelestarian Budaya Lampung, dan Perda Nomor 4 Tahun 2020 tentang pendirian museum di Kota Metro,”ungkapnya, saat Rapat Paripurna penyampaian Raperda Perubahan APBD TA. 2021, dan Raperda tentang Pelestarian Cagar Budaya, di gedung DPRD Kota Metro, Selasa (21/09/2021).

Wahdi kembali menegaskan bagaimanapun sejarah tidak hanya soal masa lalu, tapi juga bagaimana berkaca dari sejarah untuk membangun sejarah di masa depan. 

“Kota Metro sebagai Kota yang bersejarah perlu mengoptimalkan berbagai potensi yang ada, agar menjadi daya tarik wisata dan edukasi bagi masyarakat luas,”harapnya.

Selain itu, Wahdi menyebut pentingnya cagar budaya sebagai amanat UU Nomor 11 Tahun 2010 tentang cagar budaya hendaknya disesuaikan dengan potensi Kota Metro. Sebagaimana diketahui Kota Metro masih banyak terdapat bangunan heritage yang memiliki corak khas tas tradisi suatu budaya  yang digunakan secara terus menerus dan perlu dilestarikan dan dijaga serta dirawat.

“Jadi tumbuhnya kesadaran dan partisipsi masyarakat di Metro terkait pelestaria cagar budaya adalah salah satu penada meningkatnya literasi sejarah masyarakat sebagai salah satu ciri kita yang berpendidikan,”tuturnya.

Sambungnya, tentu kerjasama dari berbagai pihak dalam pelestarian cagar budaya dengan harapan dapat mendorong tidak hanya pelestarian tapi juga pemanfaatan cagar budaya bagi peningkatan kesejahteraqn masyarakat.

“Kedepan secara bertahap penataan cagar budaya juga perlahan akan di kembangkan secara partisipatif guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan bagi masyarakat luas melalui tumbuhnya wisata sejarah, religi, dan budaya,”pungkasnya. 

You might also like

error: Content is protected !!