Hari Ini BPJS Kesehatan Limpahkan SKK Ke Kejaksaan Negeri Lampung Timur

BPJS Kesehatan Cabang Metro terus membangun sinergi dengan Kejaksaan Negeri Lampung Timur sebagai bentuk keseriusannya dalam meningkatkan kepatuhan badan usaha dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS. Dengan kerjasama yang telah dijalani, BPJS Kesehatan Cabang Metro menyerahkan Surat Kuasa Khusus (SKK) kepada Kejaksaan Negeri Lampung Timur untuk memanggil badan usaha yang terindikasi tidak patuh dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS. Bertempat di ruangan Kasidatun Kejaksaan Negeri Lampung Timur, penyerahan data dilakukan pada hari Jumat (28/05)

Kepala Bidang Perluasan, Pengawasan dan Pemeriksaan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Metro, Addiena Rizqi menyampaikan terdapat dua kategori ketidakpatuhan badan usaha, antara lain ketidakpatuhan dalam penyampaian data dan pembayaran iuran Program JKN-KIS. Badan Usaha yang telah dilakukan SKK tersebut, ada yang sudah melakukan pembayaran tunggakan iuran dan ada juga yang telah patuh menyampaikan data pekerjanya, yaitu mendaftarkan para pekerja dan keluarganya dengan data sesuai dengan di lapangan.

“Menurut hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan, ada dua kategori ketidakpatuhan badan usaha terhadap Program JKN-KIS. Tentu dengan kondisi tersebut, BPJS Kesehatan terus bersinergi dan berkoordinasi dengan Kejaksaan Negeri Lampung Timur untuk menindaklajuti badan usaha terkait agar kedepannya tidak mengulangi kesalahan yang sama,” kata Addiena.

Addiena menyebutkan bahwa sampai dengan saat ini, BPJS Kesehatan Cabang Metro telah memberikan SKK kepada Kejaksaan Negeri Lampung Timur untuk memanggil 24 badan usaha yang tidak patuh dalam hal pembayaran iuran.

“Artinya masih banyak badan usaha yang tidak patuh terhadap kewajiban mereka dalam Program JKN-KIS. Harapannya, dengan adanya sinergi yang kuat dan keterlibatan Kejaksaan Negeri Lampung Timur, jumlah tersebut akan semakin berkurang dan harapannya seluruh badan usaha memiliki kepatuhan yang tinggi terhadap penyelenggaraan Program JKN-KIS,” kata Addiena.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Negeri Lampung Timur, Andy Pranomo, menjelaskan hubungan yang baik dengan BPJS Kesehatan Cabang Metro dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS senantiasa dilakukan dengan langkah-langkah yang pasti dan berdampak secara efektif. Andy menjelaskan Kejaksaan Negeri Lampung Timur siap mendukung BPJS Kesehatan Cabang Metro untuk menyelenggarakan Program JKN-KIS.

“Selama ini SKK bukan hanya satu-satunya action yang dilaksanakan Kejaksaan Lampung Timur, karena sebelumnya juga telah dilaksanakan MoU dengan BPJS Kesehatan Cabang Metro tentang Penanganan Masalah Hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara”, tutup Andy

You might also like

error: Content is protected !!