Ombudsman Perwakilan Lampung menerima 14 pengaduan Terkait Penarikan iuran Tingkat Dasar SD dan SMP

Lampung Tengah – 9 Maret hingga 23 Maret 2021, Ombudsman Perwakilan Lampung menerima 14 pengaduan dari masyarakat.

Kepala Ombudsman Perwakilan Lampung, Nur Rakhman Yusuf menerangkan bahwa semenjak di buka nya pengaduan laporan pungli tingkat dasar terima 14 pengaduan

“Dari 14 laporan masyarakat yang kami terima, sebagian besar sudah dilimpahkan ke Tim Keasistenan Pemeriksaan Laporan. Hal ini dikarenakan laporan tersebut sudah memenuhi persyaratan formil dan materiil untuk ditindaklanjuti,” ujar
Nur Rakhman Yusuf, Senin (5/4/2021).

Pengaduan masyarakat terkait pungutan liar dilakukan pihak sekolah dengan berbagai cara dan modus.
Seperti laporan terkait penarikan sumbangan dan pungutan yang dilakukan oleh satuan pendidikan tingkat dasar (SD sampai SMP)

Ombudsman juga menerima laporan terkait penahanan ijazah oleh pihak sekolah.

“Penahanan ijazah ini seharusnya tidak boleh terjadi. dikarenakan sumbangan dan pungutan pada sekolah negeri seharusnya tidak boleh dikaitkan dengan urusan akademik ataupun sekolah, Salah satunya penahanan ijazah atau rapor,” jelas Nur, dilansir dari infolampung

Terkait pembukaan posko pengaduan, menurutnya ini merupakan bentuk respon Ombudsman dalam menindaklanjuti berbagai keluhan yang berkembang di tengah masyarakat, terkait sumbangan dan pungutan sekolah.

“Dalam penerimaan laporan, ada tahapan verifikasi dokumen yang dilakukan Tim Keasistenan Penerimaan dan Verifikasi Laporan. Apabila nantinya sudah lengkap, baru dilimpahkan ke Tim Keasistenan Pemeriksaan Laporan untuk ditindaklanjuti,” urai Nur.

Ombudsman Lampung juga akan membuka posko pengaduan untuk substansi laporan lainnya, seperti terkait substansi administrasi kependudukan.

“Harapannya, Ombudsman dapat meningkatkan kepedulian masyarakat, agar berkontribusi dalam melakukan pengawasan pelayanan publik. Salah satunya dengan cara menyampaikan laporan ke Ombudsman,” ujar Nur. (*)

You might also like

error: Content is protected !!