Masuki Triwulan I, BPJS Kesehatan Evaluasi Kinerja Kader JKN

Metrodeadline.com, – Sebagai salah satu upaya untuk menyukseskan Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan terus mengedukasi serta mengevaluasi kinerja mitra BPJS Kesehatan, yaitu Kader JKN-KIS. Bertempat di Lampung Tengah, kegiatan evaluasi yang dilakukan oleh BPJS kesehatan Cabang Metro ini dihadiri oleh seluruh Kader JKN wilayah Kabupaten Tulang Bawang dan Lampung Tengah, Rabu (17/03).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Metro Sudiyanti mengatakan, di tengah situasi pandemi Covid-19, seluruh Kader JKN untuk tetap mengoptimalkan peran mereka masing-masing untuk memberikan edukasi dan mengingatkan peserta JKN-KIS untuk rutin melakukan pembayaran. Meski begitu, Sudiyanti tetap menenkankan bahwa seluruh Kader JKN tetap harus memprioritaskan diri mereka untuk selalu menerapkan protokol kesehatan agar terjaga dari penyebaran virus.

“Mohon setiap Kader JKN tetap jaga diri dan kesehatan mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Jangan lupa untuk tetap memberikan sosialisasi dan edukasi kepada peserta JKN-KIS. Jika memilih untuk datang langsung utamakan protokol Covid-19 seperti menggunakan masker, jaga jarak dan menyiapkan hand sanitizer untuk mencegah penyebaran Covid-19 atau bisa juga menggunakan saluran telepon, sms dan whatsapp untuk mengedukasi dan mengingatkan peserta,” saran Sudiyanti.

Sudiyanti juga menyampaikan kepada Kader JKN untuk mengarahkan peserta binaanya menggunakan layanan berbasis aplikasi chatting dengan program Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA). Menurutnya, inovasi PANDAWA mampu memberikan kemudahan pada pelayanan peserta di masa Covid-19.

“PANDAWA ini merupakan salah satu layanan alternatif yang dapat memudahkan bagi peserta JKN-KIS, apalagi saat ini hampir semua kalangan mempunyai media sosial WhatsApp (WA). Jadi dengan layanan PANDAWA yang tanpa tatap muka ini kami harapkan dapat mengurangi penyebaran virus Covid-19,” ungkap Sudiyanti.

Adapun layanan administrasi yang dapat dilayani melalui PANDAWA antara lain daftar baru, tambah anggota keluarga, pendaftaran bayi baru lahir, ubah jenis kepesertaan, ubah data identitas, ubah data golongan dan gaji, ubah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda dan pengaktifan kembali kartu.

“Semua layanan itu bisa diakses masyarakat melalui nomor WA di 081273429955. Jadi prosesnya cukup mudah, kita hanya mengirimkan teks seperti biasa di nomor WA tersebut tunggu sampai petugas kami memberikan balasan dan terjadi percakapan serta arahan selanjutnya dari petugas kami. Layanan ini hanya akan diproses dan dibalas saat jam kerja mulai dari pukul 8 pagi sampai jam 3 sore,” jelas Sudiyanti

Pada kesempatan tersebut, Ahmad Syarifudin (36) yang merupakan salah satu Kader JKN yang bertugas di wilayah Kabupaten Lampung tengah menjelaskan bahwa dari seluruh warga binaannya yang ia datangi, ia selalu menemukan kendala yang sama, yaitu kesulitan untuk membayar iuran.

Menurutnya, mereka yang sudah hampir satu tahun terkena dampak pandemi covid-19, mengalami kebingungan karena tidak memiliki penghasilan yang tetap. Ahmad mengaku tidak sedikit dari warga binaannya saat ini telah dirumahkan oleh perusahaan mereka akibat adanya virus covid-19.

“Hambatan utama kami di lapangan yang paling sering kami temui adalah peserta JKN-KIS yang bekerja pada sektor usaha kecil mengalami kesulitan membayar karena tidak memiliki penghasilan tetap. Tetapi ada juga yang sebenarnya sadar akan pentingnya membayar iuran karena secara tidak langsung sangat menolong orang lain,” tutup Ahmad.

You might also like

error: Content is protected !!