Kelurahan Cempedak Gelar Pelatihan UMKM, Terus Lakukan Inovasi dan Kreasi

Lampung Utara – Dalam agenda menyerap Dana Kelurahan (DK) tahun 2020 pada pos anggaran pemberdayaan, Kelurahan Cempedak, Kecamatan Kotabumi mengadakan Pelatihan Usaha Masyarakat dengan tajuk Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah bertempat di Aula Kantor Lurah. Selasa (01/12/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Kotabumi yang diwakili oleh Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Kotabumi, Juni Riadi, S. Sos, MM; Lurah Cempedak, Sri Sulistyono Yusuf Jatmiko, SP sekaligus sebagai moderator; Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Lampung Utara (Lampura) yang di wakili oleh Kepala Bidang (Kabid) Perindustrian, Drs. Darius Zulkarnain sebagai Narasumber; Staf Kelurahan; Undangan, Peserta Pelatihan dan Warga Setempat.

Lurah Cempedak berharap kedepannya sudah ada pembinaan tidak lagi pelatihan sehingga pelaku usaha mikro mengetahui strategi dalam usahanya masing-masing,
“Kami harap pada peserta nantinya dapat menyimak dengan baik materi yang akan disampaikan oleh narasumber dan bertanya pada pihak terkait mengenai materi yang disampaikan,” Ujarnya.

Dalam sambutannya Sekcam Kotabumi, Juni Riadi, SE., MM mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya pemerintah dalam pemerataan pembangunan yang tidak hanya pada sektor fisik tapi juga pada sektor non fisik berupa pemberdayaan masyarakat dan menyatakan bahwa Kelurahan Cempedak merupakan daerah yang strategis dalam hal UMKM sehingga dapat meningkatkan perekonomian baik dari kelurahan, kecamatan hingga tingkat kabupaten.
“Dengan adanya kegiatan hari ini dapat ditindaklanjuti kedepannya dengan pembinaan yang berkelanjutan sehingga kegiatan perekonomian kembali menggeliat,” Paparnya.

Pada materi, Drs. Darius Zulkarnain menyampaikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampura telah mengucurkan bantuan bagi pelaku usaha mikro dan ultra mikro yang terfokus di Kelurahan-kelurahan di Lampura senilai Rp. 1 Juta.
Tidak hanya itu, Pemerintah Pusat pun akan memberikan bantuan serupa dengan nilai Rp. 2,4 juta yang telah disampaikan datanya yang bersumber dari Pemerintah Desa atau Kelurahan.
“Data tersebut sudah kita sampaikan dan bersama-sama tunggu realisasinya,” Katanya.

Selanjutnya, Drs. Darius Zulkarnain menerangkan dalam pengembangan usaha mikro memiliki 2 (Dua) hal terpenting, yaitu Permodalan dan Pemasaran.
“Salah satu strategi untuk menarik konsumen adalah kemasan produk, oleh sebab itu buatlah kemasan dari produk yang kita produksi menjadi semenarik mungkin dan terutama steril,” Paparnya.

Selain itu Drs. Darius Zulkarnain menginformasikan bahwa Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Lampura membuka pintu bagi siapapun pelaku usaha untuk berkonsultasi.
“Yang terpenting adalah terus berupaya untuk melakukan inovasi dan kreativitas dalam melakukan usaha, selain itu lebih jeli lagi dalam melihat potensi yang ada di lingkungan sekitar,” Pungkasnya. (AW).

You might also like

error: Content is protected !!